BeritaNasional

Keresahan Masyarakat Terkait Program Tapera, Prabowo : Kita Cari Solusi Terbaik

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) yang juga sebagai Presiden terpilih Prabowo Subianto merespons soal keresahan masyarakat terkait program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Menurutnya, pihaknya akan mempelajari berbagai keluhan masyarakat terkait program itu, kemudian diupayakan untuk mencari solusi.

“Kita akan pelajari, dan kita cari solusi yang terbaik,” kata Prabowo, Kamis (06/06/2024).

Namun, saat ditanya lebih lanjut apakah program Tapera akan tetap dilanjutkan dalam pemerintahan mendatang, Prabowo tidak memberikan jawaban.

Baca Juga : Prabowo Bersama Duta Besar Slovakia Bahas Pengenmbangan Industri Pertahanan

Diberitakan, ketentuan mengenai Tapera ini dihujani kritik dan dikeluhkan oleh publik lantaran bakal memotong penghasilan para pekerja.

Pengusaha pun bakal diwajibkan membayar sebagian ituran dari para pekerja.

Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2024 menyebutkan, besaran simpanan Tapera adalah 3 persen dari gaji atau upah.

Sebanyak 2,5 persen ditanggung pekerja, sedangkan sisanya ditanggung pemberi kerja. Namun, hujan kritik dari kalangan pengusaha, pekerja, hingga partai politik tidak menyurutkan pemerintah untuk membatalkan atau menunda program Tapera.

Simak Juga : Amien Rais Minta Jangan Cawe Cawe: Biarlah Pak Prabowo Ambil Alih

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan, pemerintah masih punya waktu hingga 2027 untuk mematangkan implementasi kebijakan tersebut secara proporsional sambil mendengarkan aspirasi publik dan dunia usaha.

“Masih ada waktu sampai 2027. Jadi, ada kesempatan untuk konsultasi, enggak usah khawatir,” kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (31/05/2024) lalu.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close