BeritaNasionalPolitik

Jokowi Beri Peringatan ke Menteri dan Pimpinan Lembaga, Soal Rupiah & Politik

BIMATA.ID, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi peringatan kepada menteri dan pimpinan lembaga agar waspada terhadap dinamika kondisi global dan menjaga perekonomian dan politik dalam negeri kondusif.

“Saya ingin ingatkan semua kementerian dan lembaga agar betul-betul mencermati kondisi-kondisi global, kondisi ekonomi nasional kita,” ungkap Jokowi pada Sidang Kabinet terkait Perekonomian terkini di Istana Kepresidenan, Senin (24/6/2024).

Baca Juga: Prabowo Effect Diprediksi Melebihi Jokowi Effect di Pilkada 2024

Kondisi global, kata Jokowi berkaitan dengan ketidakpastian kebijakan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS) dan ketegangan geopolitik di berbagai kawasan. Sementara dalam negeri adalah mata uang dan stabilitas politik.

Ketidakmampuan pemerintah di sebuah negara menjaga kedua hal domestik tersebut membuat peringkat daya saing turun. Jokowi mencontohkan Jepang dan Malaysia.

“Jepang kenapa turun 3 peringkat karena pelemahan mata uang dan juga karena penurunan produktifitas, Malaysia turun juga karena pelemahan mata uang dan masalah stabilitas politik,” jelasnya.

Lihat Juga: Tim Prabowo dan Sri Mulyani Kompak Tampil Bersama, Tegaskan Komitmen Defisit APBN di Bawah 3%

“Artinya apa? stabilitas politik itu penting, artinya stabilitas mata uang itu penting, artinya peningkatan produktivitas itu penting,” tegas Jokowi.

IMD World Competitiveness Ranking (WCR) 2024 mencatat peringkat daya saing Indonesia naik ke posisi 27 dunia dari sebelumnya 34. Adapun, Indonesia dan Malaysia bertukar posisi.

Posisi Malaysia jatuh dari posisi 27 ke 34. Hal tersebut terjadi akibat pelemahan mata uang dan ketidakstabilan politik, serta kebijakan pemerintah.

Di Asean, posisi Indonesia berada di posisi tiga besar setelah Singapura dan Thailand. Singapura ada di posisi pertama dan Thailand di posisi 25.

Simak Juga: Prabowo Buru-buru ke Halim Demi Bisa Ucapkan Selamat Ulang Tahun Langsung ke Jokowi

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close