BeritaPolitikRegional

Gerindra, PKB dan Demokrat Resmi Berkoalisi di Pilkada Bekasi

BIMATA.ID, Bekasi – Tiga partai politik peserta pemilihan umum (Pemilu) 2024 resmi membentuk koalisi di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Diketahui, ketiga parpol tersebut adalah Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Demokrat.

Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Bekasi, Arya Dwi Nugraha mengatakan, sebenarnya komunikasi dengan PKB dan Demokrat sudah berjalan sejak pemilihan legislatif lalu.

Baca juga: Prabowo Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun ke Jokowi

“Makin ke sini semakin intensif, bersama-sama sepakat memajukan Kabupaten Bekasi melalui koalisi di pilkada,” kata Arya di Cikarang, Kabupaten Bekasi, pada Rabu, (19/06/ 2024).

Sesuai dengan perundang-undangan, koalisi ketiga partai ini telah memenuhi syarat mengusung bakal calon bupati dan wakil bupati dengan kekuatan 19 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi. Gerindra memiliki delapan kursi, PKB menguasai tujuh kursi, dan Demokrat empat kursi.

“Kami masih membuka pintu bagi partai lain yang ingin bergabung. Namun sejauh ini kami telah menyepakati untuk kerja sama ini,” katanya.

Lihat juga: Prabowo Terima Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Kapolri

Sehingga, koalisi ini menjadi kekuatan kedua setelah sebelumnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Bulan Bintang (PBB) lebih dahulu berkoalisi. Perbedaannya, koalisi baru ini belum secara resmi menyebutkan kandidat yang akan diusung.

“Ada kesamaan identitas dari kandidat yang bakal diusung jadi calon bupati. Masih akan terus dibahas lebih lanjut. Sebenarnya sudah mengerucut pada satu nama yang potensial. Hanya saja kami belum bisa membuka, tunggu saja,” ucapnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close