BeritaPolitikRegional

Gerindra Melirik Pengusaha Muda Hendy Setiono Sebagai Calon Wakil Wali Kota Surabaya 2024

BIMATA.ID, Surabaya – DPD Partai Gerindra Jawa Timur melirik sejumlah nama untuk Pilwali Surabaya 2024. Selain Bayu Airlangga yang dilirik sebagai Calon Wali Kota (Cawali), Gerindra melirik pengusaha muda Hendy Setiono sebagai Calon Wakil Wali Kota
(Cawawali) Kota Surabaya 2024.

Ketua DPD Gerindra Surabaya Anwar Sadad menyebut nama Hendy Setiono diusulkan oleh Relawan Prabowo-Gibran dan Relawan Santri Prabowo (Santri Pro) dan relawan Jokowi.

“Usulan dari teman-teman itu merupakan aspirasi yang baik dalam proses demokrasi,” jelas Gus Sadad dalam keterangannya, Minggu (02/06/2024).

Lihat Juga: Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Subagyo HS: Kualitas Mas Bowo Sudah Teruji

Menurut Gus Sadad, Gerindra terbuka untuk mengusung calon potensial seperti Hendy meski ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi sebelum kandidat resmi mendapatkan rekomendasi.

Selain kapabilitas, calon yang diusung Gerindra harus memiliki tingkat keterpilihan (elektabilitas) yang tinggi mengingat adanya calon petahana yang diusung PDI Perjuangan dan PKB.

“Kami ingin mengusung calon yang memiliki program kerakyatan, mampu merangkul semua kalangan, dan memiliki potensi keterpilihan besar,” kata Wakil Ketua DPRD Jawa Timur tersebut.

Gerindra juga mendorong para calon yang representasi Anak Muda dalam pilkada kali ini karena melihat potensi pemilih muda yang besar di Kota Surabaya sehingga kami pun ingin ada keterwakilan Anak Muda yang ikut bertarung dalam Pilwali Surabaya November mendatang,” ujar Gus Sadad.

Para calon diharapkan menjalin komunikasi dengan internal Gerindra dan menyampaikan program yang disiapkan kepada pengurus dan kader di akar rumput.

“Pada akhirnya, semua keputusan akan diambil oleh Ketua dewan pembina sekaligus ketua umum kami, Bapak Prabowo Subianto,” tutur dia.

Baca Juga: Gerindra-Demokrat Satukan Visi Lewat Surat Tugas ke Andi Harun Maju Wali Kota Samarinda

Sementara dalam survei ARCI, elektabilitas Hendy Setiono cukup kompetitif sebagai cawawali Surabaya 2024. Direktur ARCI Baihaki Sirajt menyebut Hendy punya peluang maju sebagai Cawawali Surabaya 2024.

“Hendy cukup kompetitif, dalam temuan kami, elektabilitas Hendy di angka 13,1 persen untuk cawawali,” ungkap Baihaki.

Menurut Baihaki, Hendy bisa jadi cawawali mendampingi Eri Cahyadi atau Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya 2024.

“Bisa dengan Eri Cahyadi, bisa dengan Bayu Airlangga. Karena dengan Eri komposisi birokrat-pengusaha, dengan Bayu komposisi politikus-pengusaha,” jelasnya.

Dalam survei ARCI untuk calon wali kota (cawali) Kota Surabaya, petahana Eri Cahyadi masih teratas di angka 37,8%. Disusul kader Gerindra Ahmad Dhani 15,7%, dan kader Golkar Bayu Airlangga di angka 14,6%.

Kemudian ada nama eks Sekretaris Kota Surabaya Hendro Gunawan di angka 8,4%. Lalu ada nama pengusaha muda yang juga CEO Baba Rafi, Hendy Setiono di angka 5,2%.

Sementara dalam simulasi calon wakil wali kota Surabaya, Armuji di angka 35,8%, Bayu Airlangga di angka 25,5%, Hendy Setiono 13,1%, Wakil Ketua Gerindra Jatim Hadi Dediansyah 8,7%, dan Arif Fathoni 3,2%.

Simak Juga: Prabowo Bertemu Zelenskyy, Diberi Ucapan Selamat dan Bahas Kolaborasi Industri Pertahanan

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close