BeritaPolitikRegional

Gerindra Bantah Rumor Jokowi Sodorkan Kaesang ke Kim Menjadi Cawagub

BIMATA.ID, Jakarta – Waketum Partai Gerindra Habiburokhman merespons pernyataan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyodorkan nama Kaesang Pangarep untuk maju di Pilkada Jakarta menjadi pendamping Ridwan Kamil. Habiburokhman membantah hal tersebut.

“Pernyataan tersebut sudah dibantah oleh pihak PSI, tidak benar Pak Jokowi menyodorkan Mas Kaesang ke parpol-parpol,” ucap Habiburokhman kepada wartawan, Jumat (28/6/2024).

Baca Juga: Siap Maju di Pilkada Donggala, Moh Yasin di Dukung NasDem dan Gerindra

Habiburokhman mengatakan nama Kaesang memang muncul di akar rumput Gerindra untuk menjadi cawagub di Jakarta. Tetapi, ditegaskan bahwa tidak ada usulan dari Jokowi untuk ikut campur dalam Pilkada Jakarta.

“Kalau di Gerindra nama Mas Kaesang muncul dari grassroot konstituen kami untuk posisi cawagub. Tidak ada komunikasi Pak Jokowi menawarkan kepada kami,” jelasnya.

Ia menyebut proses pengusungan cagub dan cawagub di Gerindra juga mesti melalui beberapa tahap. Hasil yang didapat dari akar rumput partai, bahkan, mesti dikomunikasikan lagi dengan partai yang lain.

“Proses di Gerindra dilakukan dengan penjaringan berjenjang. Kader-kader di grass root mengusulkan kepada DPC, lalu ke DPD kemudian ke DPP terakhir diputus oleh Pak Prabowo selaku Ketum sekaligus KDP (Ketua Dewan Pembina),” jelas Habiburokhman.

Lihat Juga: Erwin dan Dhani Eks Sekpri Prabowo Saling ‘Lirik’ untuk Pilwalkot Bandung

“Itupun akan dibahas lagi dengan parpol-parpol lain, mengingat Partai Gerindra tidak memiliki cukup kursi untuk memenuhi kuota pencalonan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sekjen PKS Habib Aboe menanggapi isu Jokowi yang bakal cawe-cawe dalam Pilgub Jakarta. Aboe menilai Jokowi sudah cawe-cawe alias terlibat dalam pilkada.

“Kan sudah biasa cawe-cawe, mulai dari presiden sampai nanti, biasa, jadi nggak ada masalah biar aja,” kata Habib Aboe Bakar kepada wartawan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (27/6).

Habib Aboe lalu membahas Ketum PSI Kaesang Pangarep yang belakangan ramai akan maju di Pilkada Jakarta. Dia mengaku mengetahui Jokowi sudah menyodorkan nama Kaesang untuk Pilkada Jakarta.

“Sudah-sudah sudah nyodorkan. Sudah nyodorkan, kita lihat saja,” ujar Habib Aboe.

Di lain kesempatan, Kaesang telah membantah hal itu. Kaesang mengatakan Habib Aboe berbohong.

“Pak Sekjen PKS tidak bicara sesuai fakta. Pak Jokowi tidak pernah menawarkan nama saya ke partai-partai. Silahkan cek, atau sebut partai mana yang pernah ditawari Pak Jokowi. Cara-cara seperti itu tidak baik dan ini merupakan kebohongan pada publik” kata Kaesang.

Simak Juga: Partai Gerindra: Prabowo Terbuka Soal Komposisi Kabinet

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close