BeritaNasional

Dapat Amanah Baru, Kombes pol Hengki Jabat Wakapolda Banten

BIMATA.ID JAKARTA Sebanyak 745 anggota Polri yang mendapat kesempatan dan di promosikan oleh pimpinan Polri, Kombes Pol Hengki termasuk perwira menengah yang layak menerima kado istimewa dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Selain pecah bintang perwira menengah ini akan  menduduki jabatan yang baru sebagai Wakapolda Banten.

Saat ini, Kombes Pol Hengki masih berstatus perwira melati tiga dan menjabat sebagai Dirresnarkoba Polda Metro Jaya. Namun dalam 2 pekan ke depan, persisnya setelah HUT ke-78 Bhayangkara pada Senin, 1 Juli mendatang, bisa dipastikan jabatan tersebut sudah diserahterimakan Kombes Pol Hengki kepada Kombes Pol Donald Parlaungan Simanjutak yang kini menjabat Kabaglitpers Ropaminal Divisi Propam Polri.

Melihat rekam jejaknya sebagai anggota Polri, Pria berzodiak Capricorn kelahiran 7 Januari 1971 ini memang sangat kenyang pengalaman di bidang reserse. Mutasinya ke Polda Banten sekarang juga akan jadi nostalgia tugas dan kariernya sebagai seorang polisi.

Setamatnya dari Akpol tahun 1995, Jenderal asal Lampung ini bertugas sebagai Pamapta Polres Kepri Timur hingga pada 1997. Setelah itu dia digeser menjadi Kaurbinops Reserse Polres Kepri Timur.

Setahun berikutnya, dia menjadi Kapolsek Khairah Mandah sampai tahun 1999. Pada tahun itu juga dia sempat menjabat sebagai Kasat Serse Polres Inhil dan Kapolsektif Karimun.

Setelah itu dia kembali digeser ke posisi Kabagops Polres Kampar pada tahun 2001. Setelah menjabat 2 tahun, pada 2003 dia diberi tugas sebagai Wakasat Reskrim Polrabes Pekanbaru. Setahun kemudian dia pindah tugas lagi menjadi Pama PTIK.

Tahun 2005, Brigjen Pol Hengki untuk kali pertama masuk Banten dan menjabat sebagai Kanit II Sat II Dit Reskrim Polda Banten. Tapi tak lama. Meski tetap di Polda Banten, Brigjen Pol Hengki ketika itu dipercaya menjadi Kapolsek Kragilan di Serang hingga tahun 2007.

Setelah itu, dia kembali masuk Polda Banten dan menjabat sebagai Kanit I Dit Reskrim hingga tahun 2009. Selanjutnya dia untuk kali pertama masuk Mabes Polri dan bertugas sebagai perwira menengah Bareskrim Polri. Setahun berikutnya, dia memikul jabatan sebagai Kanit III Dit V/Tipiter Bareskrim. Dari situ dia kembali ke Polda Banten dan mengemban sejumlah jabatan.

Mulai dari Pamen Polda Banten, Kasubdit II Ditreskrimum Polda Banten, hingga Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Banten hingga tahun 2013.

Di tahun 2014, Brigjen Pol Hengki kembali ke daerah asalnya di Lampung untuk menjadi Kapolres Lampung Selatan. Kemudian dia menjabat Wadirreskrimsus Polda Sumbar tahun 2015.

Tahun 2016, Brigjen Pol Hengki ditugaskan sebagai Wakapolresta Barelang dan diangkat sebagai Kapolres Barelang pada 2017.

Dua tahun memimpin Barelang, Hengki dimutasi lagi sebagai Kasubdit I Dittipidter Bareskrim Polri. Tapi jabatan ini tak sampai setahun diemban.  Hengki kemudian ditarik ke Polda Metro Jaya untuk menjabat sebagai Kabidkum hingga 2021. Selanjutnya dia menjadi Analis Kebijakan Madya bidang Hukum Divkum Polri.

Setelah terbit Surat Telegram (ST) bernomor ST/2567/XII/KEP./2021 dan ST/2569/XII/KEP./2021, Brigjen Pol Hengki pun dimutasi lagi menjadi Kapolres Metro Bekasi Kota.

Kemudian terbit lagi Surat Telegram (ST) Nomor ST/498/II/KEP./2023 pada 26 Februari 2023, Hengki pindah jabatan lagi menjadi Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya.

Kini, hanya berjarak 5 hari dari ulang tahun ke-78 Bhayangkara, TR terkini lahir dan memerintah dia untuk kembali berdinas di Polda Banten dengan membawa tanda pangkat 1 bintang di pundak, memegang jabatan yang diberikan oleh Kapolri Jenderal pol Listyo Sigit Prabowo

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close