BeritaPolitikRegional

Profil Budisatrio Djiwandono, Keponakan Prabowo Yang Didukung Gerindra Maju Pilkada Jakarta

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memberi sinyal dukungan terhadap ponakan Presiden terpilih Prabowo Subianto, Budisatrio Djiwandono alias Budi, dan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep, untuk maju di pemilihan kepala daerah atau Pilkada Jakarta 2024.

Keduanya diduetkan sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur. Sinyal ini terlihat dari foto yang diunggah Dasco melalui instagram pribadinya. “Budisatrio Djiwandono – Kaesang Pangarep For Jakarta 2024,” tulis Dasco pada Rabu malam, 29 Mei 2024, seperti dikutip dari Tempo.

Dalam foto tersebut, terlihat Budi dan Kaesang bersandingan. Budi mengenakan kemeja biru cerah, sementara Kaesang memakai kemeja putih. Monas menjadi latar belakang poster tersebut. Di ujung kanan, terdapat logo Jakarta Raya.

Lihat Juga: PDIP Disebut Pisahkan Prabowo-Jokowi, Ahok: Apa yang Mau Dipecah? Sudah Kompak Sejak Lama

Wakil DPR RI ini menggunakan fitur collaborator bersama akun resmi Partai Gerindra, Fraksi Partai Gerindra, dan Tum GRD. Dasco pun memasang lagu kicir-kicir dalam unggahan tersebut.

Kendati demikian, Dasco belum merespons apakah unggahan itu merupakan tanda Gerindra resmi mengusung Budi dan Kaesang di Pilkada Jakarta.

“Budi Djiwandono adalah salah satu kandidat yang sedang kita matangkan untuk memimpin Jakarta,” ungkap Muzani saat ditemui di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu, 29 Mei 2024.

Muzani menuturkan, Jakarta membutuhkan sosok yang matang, memiliki visi perekonomian yang bagus, dan tingkat pergaulan yang baik. Berdasarkan kriteria-kriteria tersebut, Budi memenuhi syarat.

Lebih lanjut, Muzani mengakui Partai Gerindra telah melakukan pembicaraan dengan partai politik lain untuk mengusung Budi Djiwandono. Namun, dia tak membeberkan secara gamblang siapa saja partai tersebut. “Nanti saya cek,” jelas Muzani.

Profil Budisatrio Djiwandono

Menukil laman Partai Gerindra, pria kelahiran Jakarta, 25 September 1981 ini bersekolah di SD Santa Theresia, kemudian sekolah SMP di Pelita Harapan.

Sejak duduk di bangku SMA, putra kedua Eks Gubernur Bank Indonesia (BI) Soedradjat Djiwandono ini, mengenyam pendidikan di luar negeri. Budi SMA di Berkshire School, Amerika Serikat. Kemudian, Budi meraih gelar Sarjana S1 di Government & International Relation, Clark University, Amerika Serikat.

Sebelum menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024, pemilik nama lengkap Gerardus Budisatrio Djiwandono itu adalah anggota pergantian antarwaktu (PAW) DPR RI sisa masa jabatan 2014-2019.

Baca Juga: Gerindra Sumut : Wajar Sandiaga Dukung Bobby Dalam Pilgub Sumut, Bobby Punya Elektabilitas Tinggi

Kala itu, Budi menggantikan Luther Kombong yang telah meninggal dunia pada Juni 2017. Budi dilantik menjadi anggota DPR RI pertama kali pada 24 Agustus 2017.

Saat ini, Budi menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang membawahi bidang pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, kelautan dan perikanan. Di Partai Gerindra, Budi menjabat sebagai Wakil Ketua Umum.

Pada pemilihan presiden dan wakil presiden atau Pilpres 2024, Budi bergabung di Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Rakabuming Raka. Sebelumnya, dia sempat menjadi Juru Bicara Pemenangan Pemilu Partai Gerindra untuk Pemilu 2024.

Simak Juga: Punya Rekam Jejak Dianggap Khianati Prabowo, Anies Baswedan Sulit Dapat Partai Pengusung Di Pilkada Jakarta.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close