BeritaNasional

Prabowo akan Lanjutkan Komitmen Indonesia terhadap Pengelolaan Air Dunia di Pemerintahan Mendatang

BIMATA.ID, Bali – Presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan komitmen pemerintah Indonesia terhadap pengelolaan air dunia.

Hal ini diungkapkan Presiden Joko Widodo saat membuka sekaligus memperkenalkan Prabowo dihadapan para delegasi negara-negara 10th World Water Forum (WWF) 2024 di Nusa Dua Bali, Senin (20/5).

“Pada kesempatan yang baik ini izinkan saya memperkenalkan presiden terpilih Indonesia, Bapak Prabowo Subianto, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan), yang akan meneruskan komitmen Indonesia untuk berkontribusi terhadap pengelolaan air dunia. Terima kasih Pak Prabowo,” kata Jokowi disambut tepuk tangan meriah para tamu undangan dan delegasi yang hadir.

Baca Juga : Pengamat : PDIP Aktif sebagai Oposisi: Persiapan Hadapi Pemerintahan Prabowo-Gibran?

Dalam Asta Cita (8 misi Prabowo-Gibran) disebutkan penekanan program perbaikan kualitas gizi, air bersih dan sanitasi masyarakat guna mengatasi ancaman stunting atau gizi buruk.

Sementara itu untuk penyediaan air bersih, Prabowo-Gibran bakal meningkatkan program resapan air dan membangun embung-embung air termasuk program pipanisasi air bersih juga bakal dilaksanakan untuk menjamin keterseidaan air bersih yang merata di seluruh daerah.

Untuk diketahui selama menjabat sebagai Menhan, Prabowo sudah gencar berkolaborasi dengan ilmuan Universitas Pertahanan (Unhan) untuk mewujudkan titik air bersih.

Simak Juga : Warga Purworejo Dukung Anak Ideologis Prabowo, Sudaryono Jadi Cagub Jateng

Total ada 120 titik sumber air baru yang diberikan kepada masyarakat di Maluku, NTT, NTB, serta sejumlah provinsi di Pulau Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten dan Yogyakarta.

Tidak hanya itu, pemerintahan Prabowo-Gibran juga berkomitmen untuk menerapkan swasembada air dengan cara meneruskan bantuan pengeboran sumber air di daerah terpencil, merevitalisasi daerah aliran sungai, serta melakukan pipanisasi air.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close