BeritaEkonomiInternasionalNasionalPeristiwa

Peringati Hari Buruh, SP BUMN Singgung Soal Privatisasi

BIMATA.ID, Jakarta – Forum Serikat Pekerja Badan Usaha Milik Negara (SP BUMN) memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day pada 1 Mei 2024 dengan menggelar apel gabungan di Lapangan Stasiun Gambir Jakarta.

Ketua Serikat Pekerja PT KAI (Persero), Edy Suryanto pada apel gabungan tersebut menyatakan pekerja memiliki peran yang besar, tidak sebagai penggerak pelaku utama ekonomi, tetapi juga sebagai penggerak pembangunan.

“Di seluruh dunia, kita melihat para pekerja memperjuangkan keadilan ekonomi, melawan eksploitasi, dan hak untuk berserikat,” kata Edy Suryanto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (03/05/2024).

Baca juga: TKN : Hubungan Prabowo Gibran Dengan Relawan Tetap Berjalan Baik

Dalam apel tersebut, Edy menyampaikan, Forum SP BUMN ini bukan hanya kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Buruh Internasional.

Menurutnya, ada kegiatan besar dan positif lainnya yang akan dilaksanakan untuk mendukung perjuangan para pekerja BUMN.

Forum SP BUMN menyampaikan pernyataan sikap yakni, menolak privatisasi BUMN sebagai cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.

Lihat juga: Purnawirawan Harap Prabowo Membawa Indonesia Menjadi Negara Makmur dan Berdaulat

“Privatisasi BUMN membuat berubahnya peran BUMN beralih atau diambil alih swasta,” tegas pernyataan sikap tersebut.

Kemudian, meminta penugasan pada perusahaan perkeretaapian harus equal treatment, sehingga seimbang antara beban penugasan dengan kondisi keuangan korporasi serta menuntut pembebasan Track Acces Charge (TAC).

Sekedar informasi, kegiatan apel tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua DPP Serikat Pekerja PT PLN (Persero) M.Abrar Ali, Ketua Serikat Pekerja PT Pertamina (Persero) Ari Gumelar, Ketua Umum SP Pegadaian Ketut Suhardiono dan Ketua Umum SP PT INKA Rudy Handoko.

Simak juga: Surya Paloh Sungkan Minta Jatah Menteri ke Prabowo

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close