BeritaEdukasiNasionalOpiniPeristiwaPolitikUmum

Novita Wijayanti Edukasikan Peran Pancasila Dalam Menghadapi Ancaman Degradasi Moral Bagi Generasi Muda

BIMATA.ID, Jakarta- Hj Novita Wijayanti, SE.,MM kembali berkesempatan untuk melakukan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di daerah pemilihan Jawa Tengah VIII (Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap). Kali ini sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dilaksanakan Hj Novita Wijayanti, SE.,MM di Kabupaten Cilacap pada Sabtu, 11 Mei 2024.

Sosialisasi yang bertujuan untuk megedukasi masyarakat tentang 4 Pilar Kebangsaan yang dianut oleh bangsa Indonesia, dan mengimplementasikannya pada kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat. Tak sedikit masyarakat awam yang tidak mengerti akan 4 Pilar Kebangsaan, yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Keempat istilah itu tidak asing bagi masyarakat, namun banyak yang kurang mengerti bahwa empat istilah tersebut merukan pilar kebangsaan bangsa Indonesia dalam menjaga kesatuan dan persatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

BACA JUGA: Luhut Sarankan Prabowo Cari Anak Muda Untuk Duduk di Pemerintahan

Kini yang menjadi pembahasan oleh Hj Novita Wijayanti, SE.,MM dalam sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini adalah peran Pancasila dalam menghadapi ancaman degradasi moral, khususnya yang banyak terjadi di lingkungan generasi muda, atau yang kini sering disebut generasi Y atau generasi milenial. Degradasi moral merupakan penurunan tingkah laku manusia akibat tidak mengikuti hati nurani yang dapat disebabkan karena pengaruh dari faktor luar seperti pergaulan ataupun perkembangan teknologi.

Hj Novita Wijayanti, SE.,MM menjelaskan gambaran umum degradasi moral, peran Pancasila sebagai landasan bermoral dan bernorma, sikap generasi milenial yang sesuai dengan nilai Pancasila, penyebab degradasi moral, hingga cara mengimplementasikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat.

Menurut Hj Novita Wijayanti, SE.,MM, dengan mengaktualisasikan nilai Pancasila sebagai landasan bermoral dan bernorma, maka Indonesia akan terhindar dari degradasi moral pada milenial. Pentingnya memasyarakatkan Pancasila dan memPancasilakan masyarakat seutuhnya, dan mengaktualisasikan nilai integritasnya dengan benar, untuk menghadapi ancaman penurunan moral pada generasi muda.

Perkembangan ilmu dan teknologi (IPTEK) merupakan suatu fenomena yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan saat ini. Dimana kini kita semua dapat melihat dan merasakan perkembangan IPTEK tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita.

BACA JUGA: Jokowi: Keppres Pemindahan Ibu Kota Bisa Ditandatangani Prabowo

Globalisasi yang semakin pesat menjadikan peradaban manusia pun berkembang dengan cepat. Berkembangnya ilmu teknologi di tengah generasi milenial menjadi pengaruh besar dalam perubahan akhlak dan juga tingkah laku generasi milenial.

Pesatnya perkembangan teknologi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh asing yang tidak sesuai dengan identitas nasional bangsa Indonesia dan bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

Generasi milenial terpengaruh oleh budaya asing hingga melahirkan krisis akhlak dan moral, yang melahirkan ketidakadilan, pelanggaran hak asasi manusia, pelanggaran hukum, serta berkurangnya pemahaman dan penghayatan terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Pentingnya pendidikan karakter pada masyarakat yang dimulai dari semenjak dini pada anak-anak. Secara eksplisit pendidikan karakter atau watak adalah amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang pada pasal 3 menegaskan bahwa “Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi pendidikan agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

BACA JUGA: Prabowo Bakal Terapkan Politik Tetangga Baik

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close