BeritaPolitikRegional

Koalisi Indonesia Maju Akan Berlanjut di Pilkada Banyumas

BIMATA.ID, BANYUMAS – Partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) tidak menutup kemungkinan akan melanjutkan kerjasamanya dalam Pilkada Banyumas, Jawa Tengah. Sekretaris DPC Gerindra Banyumas Rachmat Imanda mengatakan, KIM di tingkat nasional menjadi embrio koalisi di tingkat daerah. “Sampai saat ini KIM akan dilanjutkan sampai tingkat daerah, itu sebagai embrio dalam pilkada ini,” ucap Imanda kepada wartawan, Jumat (24/5/2024).

Lihat Juga: Prabowo Ingin Ringankan UKT Perguruan Tinggi Negeri: Kita Harus Hitung

Apabila kerja sama tersebut terealisasi, KIM yang terdiri atas Partai Gerindra, Golkar, PAN dan Demokrat dapat mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati karena memiliki lebih dari 10 kursi. Diketahui mengusung calon dalam Pilkada Banyumas minimal memiliki 10 kursi. Namun demikian, kata Imanda, pihaknya tetap membuka komunikasi dengan parpol di luar KIM. Termasuk dengan PDIP yang memiliki kursi terbanyak di DPRD Banyumas.

 “Tapi tidak menutup kemungkinan masuknya partai lain. Peluang koalisi dengan semua partai masih terbuka,” ujar Imanda. Imanda menyadari, Gerindra tidak dapat mengusung pasangan calon sendiri karena hanya memiliki 7 kursi. Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Banyumas Budiyono mengatakan, sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik di Banyumas antara lain PDI-P, NasDem, PKS, dan PKB.

Simak Juga: Gantikan Sri Mulyani di Pemerintahan Prabowo – Gibran, Ini Tanggapan Wamen BUMN!

Ia mengaku hingga saat ini belum ada arahan secara resmi dari DPP Partai Gerindra untuk menguatkan Koalisi Indonesia Maju di tingkat daerah. “Secara resmi belum ada instruksi untuk menguatkan itu. Kami diminta untuk saling silaturahmi dengan semuanya,” tegas Budiyono.

Seperti diketahui, sejak kemarin Gerindra membuka penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati untuk Pilkada Banyumas. Dalam pilkada nanti, Gerindra berencana akan mengusung kadernya sendiri. Hal itu menyusul kemenangan Ketua Dewan Pembina Gerindra, Prabowo Subianto dalam pilpres kemarin.

Baca Juga: Momen Kehangatan Prabowo dan Elon Musk Bertemu di Bali

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close