BeritaPeristiwaPolitikRegionalUmum

Fernando Soares: Gerindra Pastikan Usung Kader di Pilgub NTT

BIMATA.ID, KUPANG – Partai Gerindra memastikan akan mengusung kadernya sendiri di Pilgub NTT 2024 untuk Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur NTT periode 2024-2029.

Sekretaris DPD Gerindra NTT Fernando Soares mengatakan, arahan dari DPP Gerindra memang meminta agar Gerindra di daerah untuk memprioritaskan kadernya.

“Perintah rapat koordinasi nasional, kader lah yang diutamakan,” kata Fernando Soares saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Gerindra NTT di Hotel Harper Kupang, Senin 20 Mei 2024.

BACA JUGA: Prabowo akan Lanjutkan Komitmen Indonesia terhadap Pengelolaan Air Dunia di Pemerintahan Mendatang

Anggota DPRD NTT terpilih ini menyebut kader Gerindra menjadi yang paling dinomor satukan.

Adapun kader itu harus mampu dan siap bertarung dalam Pilkada. Dia yakin Gerindra punya stok kader berlimpah untuk didorong ke Pilkada.

Ia bahkan meminta semua pengurus wajib menegaskan keberpihakan terhadap kader Gerindra dalam situasi apapun.

Fernando Soares sempat menyinggung figur lain alias bukan kader Gerindra. Dia menegaskan, Gerindra akan lebih selektif.

“Pilkada ada dihadapan kita. Semua orang, semua kelompok, setiap hari melalui wakil-wakilnya mengontak partai Gerindra. Mohon dukungan daripada partai Gerindra. Dalam hati saya, dulu kalian dimana. Sekarang setelah kita sudah kembalikan kita punya kursi baru, saya dulu bantu ini, bantu itu. Kaka maaf, kita kali ini agar ketat sedikit,” kelakar Fernando Soares dihadapan kader Gerindra.

Fernando Soares mengakui ada syarat khusus yang dipasang. Namun, kader Gerindra yang sudah berjuang sejak belasan tahun bersama Gerindra bakal menjadi perhatian utama untuk berkontestasi di Pilkada, termasuk di level gubernur.

Ia menyebut ada stok bakal calon gubernur dari Gerindra yang siap didorong.

BACA JUGA: Pilkada 2024, Kemenangan Partai Gerindra Akan Tentukan Kesuksesan Program Prabowo-Gibran

Nama-nama itu, kata dia, seperti Fary Francis hingga para anggota DPRD NTT dari partai Gerindra. Partai besutan Prabowo Subianto itu memiliki banyak kader untuk diusung.

“Tentu bukan sesuatu yang sulit meminta kadernya maju menjadi calon gubernur. Kami punya banyak stok,” tegasnya.

Di samping itu, Gerindra akan membangun komunikasi dengan semua partai politik untuk membentuk koalisi.

Gabungan partai yang dimaksud tidak harus berasal dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) sewaktu Pilpres kali lalu. Kesamaan visi menjadi penting, terutama visi yang sama dengan Presiden dan Wapres terpilih.

Parpol yang berada di gerbong KIM akan menjadi pertimbangan juga karena memang sebelumnya sudah berada pada jalan perjuangan yang sama untuk memenangkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Menurut dia, demokrasi Indonesia merupakan bentuk kompromi. Sehingga, Gerindra tidak menutup diri dengan parpol lainnya, selama koalisi itu memiliki kesamaan dan sejalan dengan visi Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Ia mengatakan, Rakerda itu untuk melakukan evaluasi Pilpres dan Pileg sekaligus mendengar masukan dari DPC menyangkut kepala daerah di masing-masing wilayah. Dia bilang Rakerda itu kegiatan rutin.

“Suara-suara dari bawa lah yang kami bawa ke atas. Kami menghimpun suara masyarakat ke pimpinan pusat,” ujarnya.

Wakil Ketua Bappilu Gerindra NTT Veronika Ata mengatakan, Gerindra tetap membuka diri dengan kader diluar partai.

Semua orang yang mendaftarkan diri ke Gerindra harus mengikuti segala proses. Secara internal, memang sudah ditegaskan untuk mendukung kader sendiri.

Veronika Ata menyebut, ketika semua tahapan sudah dilaksanakan, keputusan penentuan calon akan disampaikan DPP.

Tentu, ada kriteria yang dikenakan ke tiap bakal calon. Paling tidak berintegritas, elektabilitas yang mumpuni dan latar belakang yang baik hingga mampu berkomunikasi dengan parpol lainnya.

Sebagai informasi, berikut ini nama-nama yang mendaftar ke DPD Gerindra sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

BACA JUGA: Bamsoet Ingin Bentuk Pertemuan Prabowo Dengan Presiden Sebelumnya

Bakal Cagub NTT :

1. Johni Asadoma
2. Andri Garu
3. Frans Aba
4. Orias Moedak – Sebastian Salang
5. Roy Bulan
6. Simon Kamlasi
7. Frans Go

Bakal Cawagub NTT:

1.DR. Jamin Habid

2. Jane Natalia Suryanto.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close