BeritaNasionalPendidikanPolitik

Andre Rosiade Setuju Dengan Pernyataan Prabowo Soal Uang Kuliah Digratiskan

BIMATA.ID, Padang – Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra H Andre Rosiade menyebut, persoalan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) memang sangat meresahkan.

Hal itu sangat bertentangan dengan pembukaan UUD 1945 alinea keempat tentang mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebuah tujuan yang hendak diwujudkan negara.

Menurut Andre, meski Mendikbudristek Nadiem Makarim sudah membatalkan kenaikan UKT pada tahun ini, tapi belum membuat masyarakat nyaman. Karena masih ada potensi terjadinya kenaikan di tahun-tahun mendatang. Karena uang kuliah dianggap bukan hal yang pokok, sepertinya biaya untuk sekolah mulai dari SD sampai SMA sederajat.

“Banyak yang masih takut dengan rencana kenaikan UKT ini. Namun semua akhirnya mulai tenang saat Presiden terpilih Prabowo Subianto juga turut berbicara. Jangankan untuk menaikkan, Pak Prabowo malah menyebut uang kuliah seharusnya gratis. Jadi, sebuah kabar baik yang sangat dinanti-nantikan masyarakat Indonesia,” tutur Anggota DPR RI asal Sumatera Barat (Sumbar) ini.

Lihat Juga: Tenaga Ahli Staf Kepresidenan Ambil Formulir Dari Partai Gerindra, Maju Dalam Pilkada Sragen 2024

Apalagi, kata Andre Rosiade, persoalan UKT yang meningkat di sejumlah universitas telah menjadi perhatian publik. Tak sedikit mahasiswa hingga masyarakat umum mengaku keberatan terkait kenaikan uang kuliah yang tak main-main. Bahkan ada yang memastikan tidak akan melanjutkan kuliah, meski sudah diterima di perguruan tinggi negeri. Walau sudah mengikuti seleksi yang berat dan ketat.

“Nah, Pak Prabowo malah bicara ingin kuliah digratiskan. Apalagi di universitas negeri yang dibangun oleh uang rakyat atau APBN harus jangan tinggi. Bahkan kalau bisa sangat minim atau gratis. Hal itu beliau sampaikan usai menghadap panggilan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin siang. Dan kembali disampaikan salam sebuah wawancara televisi,” jelas Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Karena sadar belum dilantik, sebut Andre, Prabowo tidak menyatakan apa yang disampaikannya itu harus segera diberlakukan. “Beliau meminta agar pemerintah Indonesia lebih dalam memperhitungkan secara matang, jika ingin menggratiskan pendidikan. Karena semua tentu ada konsekuensinya. Pastinya kalau untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kenapa tidak, semua pasti mendukung,” tambah anggota Komisi VI DPR ini.

Baca Juga: Gerindra Sedang Siapkan Budisatrio Untuk Maju Dalam Pilkada Jakarta 2024

Seperti diberitakan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim resmi membatalkan kenaikan UKT 2024 setelah menjadi perbincangan panas di publik. Selanjutnya, Nadiem meminta pihak perguruan tinggi jemput bola ke calon mahasiswa baru.

“PTN perlu merangkul calon mahasiswa baru yang belum daftar ulang atau mengundurkan diri akibat UKT yang tinggi. Saya berharap, calon mahasiswa baru agar diberitahukan mengenai kebijakan terakhir pembatalan kenaikan UKT. Jika tidak jadi mengundurkan diri, perlu diterima kembali,” kata Nadiem dalam keterangan resmi, Senin (27/5/2024).

Simak Juga: Andra Soni Dianggap Wakili Figur Prabowo di Banten

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close