BeritaPeristiwaPolitikRegionalUmum

Aksi Nyata Andi Iwan Darmawan Aras, Kawal Aspirasi dan Lindungi Warga dari Banjir

BIMATA.ID, Sulawesi- Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA), menegaskan komitmennya dalam memperjuangkan kepentingan rakyat, terutama dalam mengatasi masalah banjir yang kerap melanda Kabupaten Wajo.

Pernyataan ini disampaikan AIA usai Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Kabupaten Wajo.

BACA JUGA: Prabowo Serahkan Bantuan untuk Rumah Ibadah di Papua Barat Daya

Dalam kunjungan tersebut, Komisi V DPR RI menekankan pentingnya peran pemerintah dalam merumuskan strategi efektif untuk mengatasi banjir yang menjadi langganan tahunan di Kabupaten Wajo.

Secara khusus, mereka mendesak Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR untuk mengoptimalkan fungsi tanggul di Sungai Cenranae dan Sungai Walanae guna mengendalikan debit air dan mencegah terjadinya banjir.

“Bencana banjir di Kabupaten Wajo sudah menjadi langganan setiap tahunnya. Saya kira pihak Kementerian atau Balai sudah seharusnya mengetahui titik-titik yang sangat rawan banjir. Oleh karena itu, kami meminta dan mendorong mitra Komisi V, dalam hal ini Kementerian PUPR Dirjen Sumber Daya Air, agar penanganan tanggul di Sungai Walanae dan Cenranae benar-benar dioptimalkan,” ujar AIA, 27 Mei 2024

Komisi V DPR RI menunjukkan komitmennya dalam memastikan perlindungan dan mitigasi bencana, terutama di daerah yang rentan terhadap bencana alam seperti banjir. Langkah-langkah konkret diharapkan segera diambil oleh pemerintah untuk mengimplementasikan strategi yang efektif guna mengurangi dampak buruk dari bencana banjir di Kabupaten Wajo.

BACA JUGA: Terima Kunjungan Pemilik Gedung Tertinggi di Dunia, Prabowo: Alabbar Optimistis Pariwisata Indonesia Bisa Meningkat

Selain itu, AIA juga menyoroti perlunya kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah, serta partisipasi aktif dari masyarakat setempat untuk memastikan upaya mitigasi berjalan dengan baik. Dengan pendekatan yang komprehensif dan terkoordinasi, diharapkan masalah banjir yang selama ini menghantui Kabupaten Wajo dapat diatasi dengan lebih efektif.

Kunjungan kerja ini menegaskan upaya berkelanjutan dari AIA dan Komisi V DPR RI dalam memperjuangkan kepentingan rakyat, memastikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat, serta mendukung pembangunan infrastruktur yang tangguh dan berkelanjutan.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close