BeritaPeristiwaPolitikRegionalUmum

5 Orang Ambil Formulir Penjaringan Pilkada Wonogiri di Partai Gerindra

BIMATA.ID, Jakarta- Hingga saat ini sudah lima orang yang melamar untuk diusung maju dalam kontestasi Pilkada Wonogiri 2024 di DPC Partai Gerindra. Lima orang yang mendaftar berasal dari kalangan pengusaha hingga internal partai.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Wonogiri, Suryo Suminto menyatakan hingga hari ini, sudah lima orang yang mengambil formulir pendaftaran untuk diusung maju Pilkada Wonogiri 2024 melalui partainya.

“Totalnya ada lima orang yang sudah mendaftar dan mengambil formulir. Lima orang itu yakni Tarso, Budi Prasetyo atau Budi Aspal, Frit Yohanes dan Siti Hardiyani. Selain itu ada Jumaryanto yang komunikasi intensif tetapi belum mendaftar,” jelas Suminto.

BACA JUGA: Program Susu Gratis Prabowo-Gibran Jadi Harapan Peternak Lokal

Suminto mengatakan dari lima orang tersebut, kata Suminto, baru Tarso yang mengembalikan formulir pendaftaran ke DPC Partai Gerindra. Tarso yang merupakan kader PDIP itu mendaftar sebagai bakal calon bupati. Sementara empat lainnya mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati. Ia mengatakan latar belakang warga yang mendaftar ke DPC Partai Gerindra rata-rata pengusaha.

Sementara satu orang yakni Siti Hardiyani merupakan pengusaha dan kader internal Partai Gerindra. Berkas pendaftaran yang masuk, kata Suminto, ditindaklanjuti dengan pendalaman tim desk pilkada DPC Partai Gerindra. Selanjutnya hasilnya diserahkan ke DPD Partai Gerindra Jateng untuk dilakukan validasi berkas seluruh calon.

“Setelah dikroscek baru diusulkan ke DPP Partai Gerindra di Jakarta untuk dimintakan rekomendasi,” tutur Suminto.

Untuk mengusung paslon pada pilkada 2024, Suminto menyatakan, Partai Gerindra harus berkoalisi dengan partai lain yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Wonogiri.

Pasalnya saat ini Partai Gerindra hanya memiliki empat kursi. Sementara untuk mengusung paslon minimal membutuhkan 10 kursi. Suminto menuturkan Gerindra sudah membangun komunikasi dengan PKB, PAN dan Partai Demokrat untuk berkoalisi mengusung paslon pada pilkada Wonogiri 2024. Tak hanya itu, Gerindra juga mengajak PKS dan Golkar untuk berkoalisi pada pilkada tahun ini.

BACA JUGA: Prabowo Terima Panglima Angkatan Bersenjata Inggris, Bahas Peningkatan Kerja Sama Pertahanan RI-Inggris

Menyoal status Tarso yang merupakan kader PDI-P, Suminto mengatakan dirinya tidak membatasi orang yang mendaftar dengan latar belakang partai lain. Bagi partainya, pendaftar merupakan putra terbaik Kabupaten Wonogiri.

“Kami tidak memandang dari partai mana. Kami terbuka untuk siapapun untuk membangun Wonogiri maju kami jaring,” kata Suminto.

Ia menambahkan pendaftaran balon bupati dan wakil bupati akan diperpanjang hingga awal Juni 2024. Sementara itu rekomendasi DPP Partai Gerindra untuk paslon yang diusung Pilkada Wonogiri 2024 diperkirakan akan turun Juli 2024.

BACA JUGA: Bamsoet Beri Usul Ke Prabowo Pisahkan Kementrian Perumahan Rakyat dan Kementerian PU

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close