BeritaEkonomiNasional

Kolaborasi Bareng Jakpro, Bamsoet Siapkan Pengembangan KEK Otomotif Pulomas

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar serta Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, bahwa IMI sedang berkolaborasi dengan JakPro dalam menjajaki persiapan pemanfaatan kawasan Pulomas, Jakarta yang dimiliki JakPro untuk dikembangkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) otomotif.

Menurutnya, hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi besar dalam pengembangan olahraga dan mobilitas otomotif.

“Melalui KEK Otomotif Pulomas, para pembalap akan lebih mudah memasukan kendaraan balap dan sparepartnya dari luar negeri. Tidak seperti saat ini, untuk mengikuti FIA Asia Pacific Rally Championship 2023 lalu di Danau Toba, Sumatera Utara, para pereli kesulitan mengurus izin masuk kendaraan balapnya. Nantinya, melalui keberadaan KEK Otomotif Pulomas, pembalap dapat dengan mudah memasukan dan menyimpan kendaraan balapnya disana. Kemudahan tersebut pada akhirnya akan membuat Indonesia bisa lebih banyak lagi menyelenggarakan kejuaraan balap internasional,” ujar Ketua MPR RI, Bamsoet dalam Rapat Pleno ke-2 IMI Tahun 2024, di Jakarta, Rabu (24/04/2024).

Baca juga: Said Didu Minta Presiden Terpilih Prabowo Perbaiki Kerusakan di Indonesia

Selain itu, KEK Otomotif Pulomas juga dapat memberikan fasilitas kepada para pecinta otomotif asing yang ingin menggunakan kendaraan mereka untuk touring di Indonesia, sehingga dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia.

Oleh karena itu, dalam rancangan yang disiapkan, setiap individu yang ingin memasukkan kendaraan balap ke Indonesia harus mendaftar melalui IMI.

Hal ini bertujuan agar IMI dapat melakukan berbagai verifikasi, termasuk verifikasi kendaraan untuk memastikan kesesuaian dengan kompetisi atau kejuaraan, serta verifikasi terkait kejuaraan dan kelas yang diikuti.

Lihat juga: Waketum Partai Nasdem Ahmad Ali Datangi Rumah Prabowo di Kertanegara

Sehingga, setelah proses verifikasi selesai, IMI akan melaporkan hasilnya kepada Bea Cukai, KONI, dan pihak terkait lainnya.

Untuk diketahui, dalam hadir juga para pengurus IMI Pusat antara lain, Badan Pengawas sekaligus Plt Bendahara Umum Jeffrey JP, Wakil Ketua Umum Organisasi M Riyanto, Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil Ananda Mikola, Wakil Ketua Umum IT/Digital Tengku Irvan Bahran, Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, Wakil Ketua Umum Promosi dan Komersil Effendy Gunawan, serta para Direktur dan Ketua Komisi lainnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close