BeritaHukumInternasional

Menlu : Indonesia Siap Kirimkan Bantuan Untuk Palestina dan Sudan Lewat Jalur Udara

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan bahwa Pemerintah Republik Indonesia siap mengirimkan bantuan sosial untuk para korban konflik Palestina dan Sudan dari jalur udara menggunakan pesawat.

“Banyak sekali hambatan pengiriman bantuan di darat, mulai dari check in sampai bantuan mendapat serangan. Oleh karena itu kita cari jalur non darat, dalam hal ini Indonesia diajak Yordania untuk menyalurkan bantuan melalui udara,” kata Retno, dikutip dari antara, Selasa (26/03/2024).

Dia menjelaskan, atas pertimbangan keamanan dan kecepatan bantuan sampai kepada para korban, maka Pemerintah Indonesia pun menyetujui ajakan Yordania untuk mengirimkan bantuan dari jalur udara menggunakan pesawat.

Baca Juga : Gibran : Prabowo Susun Kabinet, Jokowi Beri Masukan

Pada kesempatan ini, Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan mengirimkan bantuan berupa obat-obatan dan berbagai peralatan kesehatan kepada para korban konflik Palestina dan Sudan, yang rencananya akan direalisasikan pekan depan.

Ia menyebutkan, dalam pengiriman bantuan tersebut Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Mesir.

Simak Juga : Prabowo : Pemerintahan yang Akan Saya Pimpin Tidak Akan Berkompromi Dengan Korupsi

Kemudian, bantuan-bantuan kesehatan itu langsung dimanfaatkan melalui Kementerian Kesehatan Mesir untuk kemaslahatan para korban konflik.

“Khususnya di Gaza Utara, karena hampir 600 ribu orang yang di sana sangat minim bantuan karena banyaknya hambatan di jalur darat, sehingga kali ini diupayakan pengiriman dari udara itu,” pungkasnya.

Menlu menegaskan bahwa dari segenap upaya yang sudah dilakukan sejauh ini kepada Palestina dan Sudan, membuktikan bahwa komitmen Indonesia sudah sangat jelas.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close