Umum

Bila Terpilih Pilpres 2024, Ganjar Tegaskan Akan Lanjutkan IKN

BIMATA.ID JAKARTA Calon Presiden Ganjar Pranowo menegaskan komitmennya melanjutkan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) apabila terpilih pada Pilpres 2024.

Pernyataan ini disampaikan Ganjar saat bersilahturahmi kebangsaan dengan tokoh agama di Aula Katedral Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (6/12/2023). Dalam kunjungan ini Ganjar didampingi oleh Ketua TPN Arsjad Rasjid.

“Apakah IKN lanjut tidak? Jelas lanjut. Karena sudah ada Undang-Undang. Siapapun pemimpin yang dilantik itu disumpah bunyi satu, akan melaksanakan undang-undang (UU). Nah, IKN itu sudah ada undang-undangnya, maka harus dilanjutkan,” ungkap Ganjar.

Pernyataan Ganjar merespons pertanyaan dari Sekretaris Keuskupan Agung Samarinda Romo Welibrodus, terkait bagaimana melakukan pembangunan yang merata.

Romo Welibrodus juga meminta kepada Ganjar bilamana diamanatkan menjadi Presiden untuk dapat membangun infrastruktur penunjang di daerah sekitar.

Dikatakan Ganjar, pembangunan proyek IKN itu sejatinya akan memakan waktu panjang dan harus berposes. Tapi yang perlu digarisbawahi adalah pentingnya pembangunan di daerah penunjang.

“Namanya berporses pasti ya belum selesai. Maka satu sabar,”kata Ganjar.

Selain itu, Ganjar berbicara juga mengenai pentingnya kesiapan sumber daya manusia (SDM) dalam rangka pemerataan. Ia pun berjanji akan meningkatkan kualitas SDM dalam menyambut Indonesia semakin baik.

“Artinya dalam kesiapan SDM itu bisa terlibat dan kemudian menjangkau keahlian-keahlian yang di sana,” tutur Ganjar.

Ganjar Pranowo akhirnya  mengunjungi kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, pada Kamis (7/12/2023). Hadir di titik 0 kilometer di kawasan IKN Nusantara, Ganjar kembali menegaskan komitmennya untuk melanjutkan pembangunan ibu kota masa depan Indonesia tersebut.

Saat ditanya alasannya mengunjungi IKN, Ganjar menegaskan bahwa hal itu untuk menunjukkan komitmennya dalam mendukung dan melanjutkan pembangunan IKN yang telah dirintis pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Itu pertanyaan berulang-ulang yang sudah saya jawab. Saya ada di sini (menjadi capres) yang pertama (yang kampanye di IKN) untuk menunjukkan komitmen itu,” kata Ganjar.

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close