BeritaEkonomiEnergiNasionalPolitikRegional

Perjuangan Bambang Hermanto: Desa Cikawung Akhirnya Terang Benderang

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Komisi VII DPR RI, Bambang Hermanto, menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja PT PLN (Persero) yang telah berhasil menyuplai listrik ke Desa Cikawung, Blok Citayam, Indramayu, Jawa Barat. Meskipun berlokasi dekat dengan Ibukota Jakarta, masyarakat desa tersebut selama bertahun-tahun hidup tanpa akses listrik.

“Pak Dirjen, Pak Dirut PLN, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebagai wakil rakyat dari Indramayu, terutama kepada Desa Cikawung yang telah dilistriki setelah puluhan tahun hidup tanpa listrik,” ungkap Bambang Hermanto saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR RI dengan Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Dirut PT PLN di ruang rapat Komisi VII DPR RI, Jakarta, pada Rabu (15/11).

Baca Juga : Bos PPI Ungkap Iman Jokowi Saat ini Hanya Satu, Dukung Prabowo & Gibran

Politisi dari fraksi Partai Golkar ini menjelaskan bahwa Desa Cikawung, Blok Citayam, Indramayu merupakan salah satu daerah pemilihannya di Jawa Barat VIII.

Warga desa tersebut telah hidup tanpa listrik selama puluhan tahun, dan kondisi tersebut menggerakkan hati nuraninya sebagai wakil rakyat untuk mencari solusi agar masyarakat desa dapat merasakan kehidupan dengan listrik.

Bambang Hermanto menyoroti fakta bahwa meskipun Desa Cikawung berada tidak jauh dari Jakarta dan hanya beberapa meter dari exit tol Cikedung, tetapi tidak mendapatkan pasokan listrik karena termasuk dalam kawasan Desa Hutan.

Setelah berkomunikasi dengan Kementerian ESDM dan PLN, yang merupakan mitra kerjanya di Komisi VII DPR RI, Bambang Hermanto menyadari bahwa diperlukan izin Amdal (analisa dampak lingkungan) dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup untuk memasang jaringan listrik ke desa tersebut.

Simak Juga : Prabowo: Indonesia Dorong Negara-negara ASEAN Agar Dukung Terciptanya Perdamaian di Myanmar

“Saya mengundang semua pihak terkait untuk bersama-sama mencari solusi atas permasalahan ini agar masyarakat desa dapat merasakan hidup dengan listrik. Alhamdulillah, beberapa bulan lalu, setelah berdiskusi, PLN berhasil mengalirkan listrik ke Desa Cikawung. Masyarakat desa kini dapat menikmati listrik, termasuk menonton TV, memasak dengan rice cooker, dan lain sebagainya,” papar Bambang Hermanto.

Menurutnya, keberadaan listrik di desa tersebut secara tidak langsung akan berdampak positif terhadap tingkat kesejahteraan dan perekonomian masyarakat setempat.

Bambang Hermanto juga mencatat bahwa pada tahun 2022, PLN melaksanakan program desa berlistrik sebagai komitmen untuk menyediakan akses listrik bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk daerah terpencil.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close