BeritaEkonomiEnergiNasionalPolitik

Sondang Tampubolon : Pemerintah Harus Komitmen dalam Roadmap Transisi Energi

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Komisi VI DPR RI, Sondang Tiar Debora Tampubolon, menyoroti pentingnya komitmen pemerintah dalam melaksanakan roadmap transisi energi. Menurutnya, isu emisi karbon telah menjadi masalah yang sangat serius, dan inilah saatnya bagi pemerintah untuk berkomitmen dengan sungguh-sungguh.

Hal ini disampaikan Sondang saat berada di dalam Rapat Panja Transisi Energi ke Listrik Komisi VI dengan Direktur Utama Pertamina dan PLN, yang digelar di Gedung Nusantara I, DPR RI, Jakarta, pada beberapa waktu lalu.

“Roadmap ini harus benar-benar dijalankan, dan pemerintah perlu menunjukkan komitmen yang kuat dalam hal ini, terutama melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kita. Tanpa komitmen yang jelas, saya yakin roadmap ini hanya akan menjadi wacana belaka,” kata Sondang, dilansir melalui website resmi media Parlemen, Rabu (4/10).

Baca Juga : Anak Buah Prabowo: Revolusi Putih Bukan Sekedar Janji, Sudah Dilakukan Sejak 2009

Selanjutnya, Sondang juga berharap agar PLN, sebagai BUMN yang bergerak di sektor ketenagalistrikan, tidak hanya memprioritaskan kuantitas, tetapi juga keadilan dalam distribusi energi.

“Indonesia bukan hanya Jawa, Bali, Madura; Indonesia mencakup wilayah dari Sabang hingga Merauke. Jadi, selain jumlahnya, penting juga untuk menjelaskan bagaimana distribusi energinya akan dilakukan,” tanya Sondang kepada Direktur Utama PLN.

Simak Juga : Prabowo Terima Kunjungan Kepala Kepolisian Palestina

Sondang menekankan bahwa dalam usaha transisi dari energi fosil ke energi terbarukan, PLN seharusnya tidak lagi melanjutkan pembangunan pembangkit listrik berbahan bakar fosil.

“Saya berharap PLN, yang merupakan alat negara untuk menyediakan listrik di seluruh wilayah nusantara, akan menghentikan pembangunan pembangkit listrik berbahan bakar fosil. Sudah cukup, sudah waktunya kita beralih ke energi terbarukan,” tegasnya, sambil menjelaskan bahwa sebagai anggota Fraksi PDI-Perjuangan, ini adalah pandangan politiknya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close