Umum
Populer

Hasil Dua Survei Nasional Tempatkan Prabowo Sebagai Capres Dengan Elektabilitas Tertinggi

JAKARTA – Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi berdasarkan hasil survei Polling Institute dan SPIN Indonesia.

Dalam simulasi tiga nama dari hasil survei Polling Institute, Prabowo unggul dengan elektabilitas sebesar 36,5 persen. Diikuti Ganjar Pranowo 31,2 persen dan Anies 18,7 persen.

Elektabilitas Prabowo dalam simulasi tiga nama itu relatif stagnan dari hasil survei Polling pada Agustus lalu sebesar 36,3 persen. Juga terjadi pada Ganjar yang turun sekitar 1 persen dari semula 32,4 persen menjadi 31,2 persen.

Sementara, Anies anjlok sekitar dua persen dari semula 20 persen pada Agustus menjadi 18,7 persen dalam survei terakhir.

Survei Polling dilakukan pada 1-3 Oktober 2023 terhadap 1.206 responden melalui sambungan telepon. Responden merupakan WNI berusia 17 tahun atau sudah menikah.

Pemilihan sampel dilakukan melalui random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Survei dilakukan dengan wawancara telepon oleh pewawancara yang terlatih. Margin of error ±2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA : Elektabilitas Prabowo Subianto Meningkat Tajam di Jawa Timur

Sementara dalam hasil survei yang dilakukan SPIN Indonesia, Prabowo juga memiliki elektabilitas tertinggi sebagai bakal calon presiden.

Elektabilitas Prabowo mencapai 39,9 persen. Diikuti Ganjar 31,1 persen dan Anies 21,7 persen. Ada 7,3 persen yang belum menentukan pilihan.

Survei dilakukan SPIN sepanjang 29 September – 7 Oktober 2023 melibatkan sejumlah 1.230 responden yang tersebar secara proporsional di 34 Provinsi di Seluruh Indonesia.

Metode Pengambilan Data yang menggunakan Multistage Random Sampling dengan Margin of Error kurang lebih 2,8 persen dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close