BeritaNasionalPolitikRegional

Bawaslu Terus Berusaha Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu 2024 Melalui Kolaborasi dengan Kelompok Seni

BIMATA.ID, Sumedang – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) terus gencar berupaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024. Salah satu langkah yang diambil adalah berkolaborasi dengan kelompok seni yang berbasis di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Anggota Bawaslu, Lolly Suhenty, menjelaskan, “Seniman memiliki gagasan yang menarik, pemikiran yang kritis, dan peduli dengan nasib bangsa. Hal-hal ini sangat diperlukan oleh Bawaslu dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum.” Kata Lolly Suhenty kepada media, Kamis (05/10/2023).

Baca Juga : Ketua Relawan YIM Sebut Prabowo Butuh Sosok Yusril Untuk Dampingi di Pilpres 2024

Kegiatan ini merupakan inisiatif bersama antara Bawaslu dan kelompok seni Jatinangor. Kedua belah pihak memiliki visi dan misi yang sama, yaitu ingin menjadikan Pemilu 2024 sebagai milik bersama. Oleh karena itu, semua pihak perlu terlibat dalam mengawasi jalannya pesta demokrasi tahun depan.

“Kami berkomitmen untuk bersama-sama menjaga iklim demokrasi yang kondusif. Kelompok seni dapat melakukan sosialisasi melalui ekspresi seni yang biasa mereka lakukan,” tambahnya.

Lolly juga menekankan pentingnya Bawaslu dapat menyesuaikan pendekatan saat melakukan sosialisasi dengan berbagai kelompok masyarakat. Setiap kelompok memiliki karakteristik dan ciri khas yang berbeda. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang dapat diterima oleh para seniman.

Simak Juga : Menhan Prabowo Hadiri Perayaan Hari Nasional Jerman

“Ikuti karakteristik setiap kelompok masyarakat, karena pendekatan yang berbeda diperlukan untuk setiap kelompok yang berbeda. Bawaslu harus menjadi bagian dari komunitas seniman untuk menjalin komunikasi yang lebih efektif,” lanjutnya.

Sosialisasi ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa dan penampilan dari komunitas karinding Jatinangor, semakin memperkuat upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close