BeritaHeadlineNasionalPolitik

Survei Indometer: Elektabilitas Prabowo Subianto Masih Tertinggi

BIMATA.ID, Jakarta – Hasil survei Indometer menunjukkan elektabilitas bakal Capres sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mencapai 26,7 persen.

Elektabilitas itu disusul bakal Capres dari PDIP, Ganjar Pranowo sebesar 23,3 persen dan bakal Capres usungan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan sebesar 15,6 persen.

“Elektabilitas Prabowo meninggalkan Ganjar dan Anies pada posisi tiga besar. Disusul AHY dan Puan yang mengalami kenaikan,” ungkap Direktur Eksekutif Indometer, Leonard SB, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (20/06/2023).

Baca juga: Survei LSI Ungkap Alasan Pemilih Jokowi Lebih Dukung Prabowo Ketimbang Ganjar

Leonard menilai, berbagai manuver politik PDIP menunjukkan bahwa partai berlambang Banteng Moncong Putih tersebut memperhitungkan Prabowo sebagai ancaman serius.

“Hal itu tampaknya yang mendorong PDI Perjuangan gencar menggalang koalisi dengan partai-partai. Di antaranya PPP yang bergabung mengusung Ganjar,” tandasnya.

Bahkan, PDIP melangkah lebih jauh lagi dengan mendekati Partai Demokrat yang notabene menjadi kekuatan oposisi dan musuh bebuyutan. Padahal, partai berlambang Mercy itu sudah bergabung dalam KPP yang terdiri atas PKS dan Partai NasDem.

Lihat juga: Survei LSI: Pendukung Jokowi Bergeser dari Ganjar ke Prabowo

Pertemuan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Demokrat , Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kemarin lusa juga menjadi simbol tampilnya generasi baru politikus nasional.

“Puan yang sebelumnya berada di bawah bayang-bayang Megawati, kini mulai tampil dan bisa menjadi faktor signifikan dalam beberapa waktu ke depan,” kata Leonard.

Untuk diketahui, survei Indometer dimulai tanggal 5 hingga 10 Juni 2023 terhadap 1.200 responden di seluruh provinsi di Indonesia yang dipilih secara acak bertingkat survei (multistage random sampling).

Adapun margin of error survei tersebut sebesar kurang lebih 2,98 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Simak juga: Beasiswa Pendidikan Diberikan Prabowo ke 22 Pemuda Palestina untuk Kuliah di Unhan

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close