BeritaHukumNasionalOpiniPeristiwaSains & TekUmum

Viral Video Mario Dandy Lepas Pasang Tali Ties, Ini Penjelasan PMJ

BIMATA.ID JAKARTA Tersebar video yang memperlihatkan tersangka Mario Dandy Satriyo bisa memakai tali ties yang biasa digunakan untuk ‘memborgol’ saat berada di ruang tahanan.

Dalam video yang viral itu Mario terlihat sedang duduk dengan pakaian berwarna gelap dan tangan yang belum terikat. Tak lama kemudian ia memakai tali ties yang bera Lalu video beralih dengan tersangka Mario yang menggunakan baju tahanan dan mengucapkan maaf ke keluarga korban David Ozora.

Terkait dengan viralnya video tersebut dan juga menjadi perbincangan banyak pengguna media sosial, Polda Metro Jaya memberikan penjelasan.

“Video tersebut menggambarkan dua peristiwa yang melalui proses editing digabungkan menjadi satu frame dengan menambahkan teks dan back sound effect sehingga menimbulkan persepsi negatif,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya(PMJ)  Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu (27/5/2023).

Kemudian dalam keterangannya, Trunoyudo tidak menampik jika gambar yang diperlihatkan dalam video masih berada di lingkungan Polda Metro Jaya. Trunoyudo mengatakan Mario Dandy memakai tali ties sendiri ketika mengetahui ada kamera.

“Peristiwa tersebut pada faktanya masih bertempat di dalam kawasan Rutan Polda Metro Jaya dan di bawah pengawasan penyidik dan Ditahti saat pengurusan administrasi penyerahan tersangka dari Ditahti ke penyidik. Namun, dalam video, MDS dengan sendirinya tiba-tiba menggunakan kabel ties pada saat mengetahui adanya kamera,” papar Trunoyudo.

Lebih lanjut, Trunoyudo menyampaikan jika fakta yang selanjutnya yakni sesuai SOP tersangka Mario dipakaikan baju tahanan oleh penyidik dan dipasangkan tali ties untuk mengikat tangannya sebelum pemeriksaan kesehatan dan berangkat ke Kejaksaan Negeri untuk proses tahap dua pelimpahan tersangka dan barang bukti.

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close