BeritaEkonomiPeristiwaRegionalUMKMUmum

Upaya Pemkot Depok Dorong Penyaluran KUR untuk UMKM

BIMATA.ID,Depok- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam menggelar rapat koordinasi (rakor) monitoring dan evaluasi pelaksanaan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Aula Edelweis Lantai 5, Balai Kota Depok, Selasa (16/05/23).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri memimpin rakor tersebut. Yang turut dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Perwakilan Direktorat Jenderal Pemberdaharaan Kementerian Keuangan RI Kanwil Provinsi Jawa Barat, Perangkat Daerah Pembina UMKM, Perbankan Penyalur KUR dan Asosiasi Pelaku Usaha.

BACA JUGA: Prabowo Streaming Timnas U-22 Pakai Ponsel Sambil Sarungan, Netizen Banjiri Komentar Lucu

“Pada rakor dan monev ini kami ingin melihat pelaksanaan program KUR di masyarakat, dari mulai manfaatnya untuk pelaku usaha, kendala dalam mengakses program ini, dan lain sebagainya,” ujar Sekda Depok, Supian Suri kepada berita.depok.go.id, usai acara tersebut.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah kredit/pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada debitur individu/perseorangan, badan usaha, kelompok usaha yang produktif dan layak, namun belum memiliki agunan tambahan. Sedangkan debitur adalah penerima manfaat program KUR.

BACA JUGA: Prabowo Sarungan Nonton Final SEA Games Timnas vs Thailand, Netizen: 2024 Harus Jadi Presiden

Dikatakan Supian Suri, Pemkot Depok terus berupaya dalam mengoptimalkan penyaluran program KUR untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sebab, UMKM masih merupakan salah satu sektor unggulan yang dapat menopang perekonomian Indonesia.

Berdasarkan data pada Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kementerian Keuangan RI, sejak 2019 sampai 2023 jumlah debitur terus mengalami kenaikan. Pada 2019 ada 14.357, 2020 bertambah 17.440, 2021 bertambah lagi 22.036, dan 2022 juga bertambah 26.328.

“Januari-12 Maret 2023, baru ada penambahan 2.939 debitur, sehingga total debitur di Kota Depok ada 83.100 pelaku usaha,” papar Supian Suri.

BACA JUGA: Cak Imin Sebut Dirinya Ingin Menyatu Dengan Prabowo Dan Airlangga

“Saya berharap bantuan teman-teman komunitas/asosiasi UMKM bisa mendukung anggotanya untuk memanfaatkan program KUR ini,” ucapnya.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close