BeritaEkonomiRegionalUMKM

UMKM Didukung Raih Peluang Ekspor

BIMATA.ID, PEKALONGAN – Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tengah mendukung berbagai kebijakan, dan program yang diharapkan dapat membangkitkan kembali bahkan memajukan sektor tersebut sampai bisa “go global” di masa mendatang.

Dalam upaya tersebut, Dinas Perdagangan Koperasi (Dindagkop) dan UKM Kota Pekalongan, gelar kegiatan pelatihan ekspor bagi 30 para pelaku UMKM di berbagai sektor setempat.

Kepala Dindagkop UKM Kota Pekalongan, Budiyanto menyampaikan, dalam pelatihan ekspor kali ini dihadirkan narasumber dari Kementerian Perdagangan melalui Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Eksport dan Jasa Perdagangan (PPEJP), provinsi Jawa Tengah (Jateng), dan komunitas Sukses Story Kota Pekalongan.

Baca juga: Prabowo Dukung Penuh Timnas Sepak Bola Indonesia

“Semua sektor kita ikut sertakan disini, mulai dari kuliner, craft, produk kesehatan dan lainnya, yang terpenting disini mereka harus mengawali dengan menjaga trust atau kepercayaan pembeli dahulu bagaimana ketepatan waktu pengemasan hingga pengiriman,” terangnya.

Diketahui, seringkali pelaku UMKM menganggap ekspor terlalu memberatkan atau rumit. Justru, penjualan digital menjadi akses terbuka untuk pelaku usaha pada saat ini.

Sebab, penyedia layanan e-Commerce telah membuka pintu ekspor dari Indonesia ke mancanegara ini bisa menjadi jembatan UMKM guna menggapai market baru tidak hanya di lingkup regional.

Lihat juga: Timnas Sepak Bola akan dikirim Prabowo Latihan di Qatar

Oleh karena itu, ia berharap dengan terselenggaranya pelaksanaan pelatihan ekspor ini bisa memberikan dampak positif sehingga UMKM Kota Pekalongan lebih percaya diri, serta siap untuk berkibar di kancah internasional.

“Kami yakin UMKM kota Pekalongan kedepan bisa naik kelas dan bisa go internasional,” tukasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close