BeritaEdukasiEkonomiPeristiwaPolitikRegionalUmum

Tingkatkan Ekonomi Sirkular Masyarakat Jawa Barat, Tina Wiryawati Gencarkan ‘Sekolah Sampah’

BIMATA.ID, Jawa Barat- Mislnya Anggota DPRD Provinsi Jabar Fraksi Gerindra Persatuan Hj Tina Wiryawati SH, kerap mengajak dan mengajarkan warga untuk mengolah sampah menjadi berbagai produk.

Sampah organik misalnya, kata dia, dapat diolah menjadi pakan maggot, pupuk kompos, sampai eco enzyme yang berguna untuk berbagai keperluan sanitasi dan pertanian.

BACA JUGA: Anak Buah Prabowo Fasilitasi Kesembuhan ODGJ, Ajak Pemdes Inventarisasi Keberadaan ODGJ

Sementara sampah anorganik, lanjut dia, bisa didaur ulang menjadi berbagai produk atau menjadi bahan untuk diolah di bank sampah.

Tina yang juga Ketua PIRA Jawa Barat ini memaparkan, sudah saatnya digencarkan kegiatan sosialisasi dan pelatihan tentang cara memilih, memilah dan mengolah sampahnya. Menurutnya, sampah bisa menghasilkan nilai ekonomi yang menjanjikan.

‘’Dengan ekonomi sirkular dapat membuat Sekolah Sampah yang dibiayai secara mandiri dari hasil pemanfaatan sampah,’’ tuturnya.

BACA JUGA: Dapat Bantuan Sumur dan Pipanisasi Air Bersih, Masyarakat Sumbawa: Terima Kasih Pak Prabowo

Tina menjelaskan, Sekolah Sampah akan berhasil melahirkan Gerakan ekonomi sirkular jika dikelola secara berkelanjutan dan melibatkan banyak pihak.

Diakui dia, saat ini banyak program pengolahan sampah yang hanya berkutat di daur ulang, sehingga berhenti di tengah jalan karena tidak bisa mengembangkan potensi lainnya dari sampah.

Dijelaskan Tina, banyak program pengelolaan sampah yang mandeg karena lebih fokus pada kreasi daur ulang yang merupakan kebutuhan sekunder bahkan tersier.

BACA JUGA: Cegah Ancaman Krisis Air Bersih, Prabowo Resmikan 11 Sumber Mata Air di Sumbawa

Padahal, sampah organik yang mendominasi sampah di Jawa Barat bisa diolah menjadi kebutuhan primer di sektor pertanian dan peternakan.

‘’Sampah organik dapat dikelola menjadi maggot misalnya, kan bisa jadi pakan ikan, unggas, serta bisa jadi pupuk organik,’’ tambahnya.

BACA JUGA: Hadiri Haul Habib Munzir, Begini Etika Prabowo di Hadapan Ulama

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close