BeritaNasionalPolitik

Sekretaris MA Hasbi Hasan Ajukan Gugatan Praperadilan ke PN Jakarta Selatan

BIMATA.ID, Jakarta – Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia (RI), Hasbi Hasan, mengajukan gugatan praperadilan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). Pengajuan praperadilan ini terkait penetapan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

Gugatan diajukan per hari ini, 26 Mei 2023. Pengajuan tercatat pada nomor 49/Pid.Pra/2023/PN JKT.SEL dengan termohon KPK.

“Klasifikasi perkara, sah atau tidaknya penetapan tersangka,” tulis laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jaksel, Jumat (26/05/2023).

Baca juga: Apresiasi Langkah Habib Luthfi, Prabowo Ungkap Dukungannya untuk Memperbaiki Monumen Bersejarah

Tidak ada informasi detail mengenai isi petitum pada laman SIPP tersebut. Hanya jadwal persidangan perdana pada Senin, 12 Juni 2023 pukul 09.00 WIB di Ruang 01 PN Jaksel.

KPK RI mengembangkan kasus dugaan suap penanganan perkara di MA RI. Hasbi dan mantan Komisaris PT Wijaya Karya (Wika) Beton Tbk, Dadan Tri Yudianto ditetapkan sebagai tersangka.

Dadan disebut dalam dakwaan kasus dugaan suap penanganan perkara di MA RI. Ia diduga menjadi jembatan penghubung antara pengacara Theodorus Yosep Parera dan Debitur Koperasi Simpan Pinjam (KSP), Intidana Heryanto Tanaka dengan Hasbi.

Lihat juga: Relawan Jokowi-Gibran Resmi Dukung Prabowo, Pengamat: Trah Jokowi Punya Cara Sendiri

Jaksa penuntut umum (JPU) pada KPK RI, Wawan Yunawarto menyebut, Yosep dan Heryanto bertemu Dadan untuk membahas kasasi pidana nomor 326K/Pid/2022 atas nama Budiman Gandi Suparman. Yosep dan Heryanto bertemu Dadan pada 25 Maret 2022.

“Bertempat di Rumah Pancasila, Jalan Semarang Nomor 32, Tawangmas, Semarang Barat terdakwa satu (Yosep) dan Heryanto Tanaka bertemu dengan Dadan Tri Yudianto yang merupakan penghubung Hasbi Hasan,” ucapnya, dalam dakwaan yang dibacakan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Rabu (18/01/2023).

Simak juga: Gerindra Ungkap Isi Pembicaraan Pertemuan Prabowo dan Jokowi: Bahas Soal Rencana Pertahanan

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close