BeritaKesehatanRegional

PJ Gubernur DKI Jakarta Meninjau Fasilitas Puskesmas Kecamatan Pademangan Hingga Penanganan Stunting

BIMATA.ID, Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan kunjungan ke Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (23/05/2023).

Diketahui kedatangan Heru ini merupakan untuk mengecek sejumlah fasilitas hingga penanganan stunting di puskesmas tersebut. Terlihat Heru didampingi oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati, Walikota Jakarta Utara Ali Maulana beserta jajaran Kecamatan dan Kelurahan Pademangan.

Heru meninjau sejumlah fasilitas di Puskesmas Pademangan, mulai dari poliklinik, farmasi, hingga ruangan pendaftaran pasien. Heru juga tampak berinteraksi dengan pasien.

“Jadi melihat proses pelayanan di sini kelebihannya ada beberapa ya, ada semuanya sudah menggunakan sistem sehingga dokter mencatatnya di file nya yang memang file itu terus tercatat secara elektronik sehingga tidak menggunakan kertas lagi,” ujar Heru.

Kemudian, Heru juga mengecek layanan penyakit menular, serta penanganan stunting di puskesmas ini. Dia meyakini masing-masing puskesmas memiliki caranya sendiri dalam menangani stunting.

“Terus berikutnya saya mengecek terkait dengan pelayanan penyakit menular, dan ini termasuk juga stunting. Klenting Puspa, masing-masing puskesmas memiliki inovasi-inovasi tersendiri untuk mengatasi stunting dan saya mengucapkan terimakasih ke Pak Wali Kota dan juga para donatur yang telah turut serta mengentaskan stunting di Kelurahan atau Kecamatan Pademangan,” ucapnya.

Heru mengungkapkan, bahwa dirinya juga mencatat, saat ini angka stunting di Jakarta mencapai 10 ribu. Heru menyampaikan angka tersebut terus ditekan dengan berbagai program pengentasan stunting.

“Terakhir sih terdata 10 ribu ya. sekitar 10 ribu stunting se jakarta se-DKI. Kami cari terus, kami turun untuk mencari terus supaya bisa ditangani dengan baik prose stuntingnya,” imbuhnya.

Adapun, wilayah yang paling banyak melaporkan kasus stunting adalah Cilincing, Jakarta Utara. Oleh karena itu Heru mengajak para orang tua menjaga pola hidup mereka maupun anak-anaknya demi mencegah stunting.

“Jakarta utara daerahnya Cilincing ya. Tadi penanganannya didatangi, makanan gizi tinggi protein, edukasi cara minum vitamin cara makan hidup yang sehat termasuk ortunya bukan anaknya juga, orang tuanya untuk merawat anaknya disiplin. Kalau dikasih penambahannya nutrisi ya dikasih dan ditangani sesuai dengan prosedur atau sadar dari dokter,” pungkasnya.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close