BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Pengamat Politik: Suara PAN di Pemilu 2024 Diprediksi Melonjak

BIMATA.ID, Jakarta- Suara Partai Amanat Nasional (PAN) di Pemilu 2024 diprediksi bakal melonjak secara signifikan. Salah satu faktornya adalah posisi PAN yang saat ini menjadi partai pendukung pemerintah.

Pengamat Politik Dedi Kurnia Syah mengatakan bahwa keberadaan PAN di kabinet pemerintahan sudah sangat tepat. Hal tersebut berpotensi bahwa PAN bakal meraih gelombang dukungan dari mayoritas pendukung pemerintah.

BACA JUGA: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Prabowo Unggul Telak dari Ganjar dan Anies

“Posisi PAN berada di kelompok pemerintah bagus dalam artian ia mendapat sokongan dari mayoritas,” ujar Dedi dikutip Senin (22/5/2023).

Dedi melihat bahwa PAN memiliki posisi strategis yang dapat menjadikannya sebagai partai dengan dukungan besar masyarakat. Sebab ideologi PAN sebagai partai terbuka memungkinkannya meraih simpati publik.

BACA JUGA: Prabowo Effect, sebab Elektabilitas Gerindra Naik Tajam

“Langkah terbuka bagi PAN tentu tepat, mengingat PAN bukan dominator yang punya banyak pilihan, untuk itu daya tawar PAN justru akan membaik ketika ia tidak secara dini menentukan kandidat,” terangnya.

Lebih lanjut Dedi melihat bahwa PAN sudah bermanuver sangat baik mendekati Pemilu 2024. Baginya PAN adalah partai yang sangat fleksibel.

BACA JUGA: Prabowo Temui SBY di Pacitan, Bicarakan Masa Depan Bangsa

“PAN jauh lebih baik sebatas pelengkap koalisi, meskipun tidak jarang justru PAN mengemuka sebagai inisiator, termasuk KIB itu adalah hasil kreasi PAN bukan yang lain,” pungkasnya.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close