BeritaEkonomiInternasionalNasionalSains & TekUMKMUmum

Pemerintah Terus Fasilitasi UMKM Lokal untuk Bersaing Secara Global

BIMATA.ID, Jakarta- Usaha Mikro Kecil dan Menengah selama ini berperan vital menggerakkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99 persen dari keseluruhan unit usaha. Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian BUMN memfasilitasi UMKM Lokal agar bisa bersaing secara global.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting pada 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan target capaian 30 juta UMKM Go Digital. Kontribusi UMKM terhadap PDB mencapai 60,5 persen dengan tingkat serapan tenaga kerja sebesar 96,9 persen dari total nasional.

BACA JUGA: Gerindra Ungkap Isi Pembicaraan Pertemuan Prabowo dan Jokowi: Bahas Soal Rencana Pertahanan

“Bukan hanya dukungan pendanaan, kontribusi dan kolaborasi seluruh pihak dibutuhkan dalam menghadirkan solusi terintegrasi bagi perkembangan UMKM di Indonesia, baik di sisi promosi maupun akses pasar. Karena itu, dalam Bazar UMKM Untuk Indonesia, kolaborasi PGN dengan KAI dengan tema Seru-Seruan Bazar Lokal ini diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM untuk memperluas akses pasar dan mempromosikan keunggulan produknya,” kata Loto di Jakarta, Kamis (25/05/2023).

Seru-Seruan Bazar Lokal yang digelar di Sarinah Thamrin Jakarta dan berlangsung hingga Minggu (28/5) ini melibatkan 88 UMKM mitra binaan PGN dan KAI, dengan lini bisnis mulai dari makanan dan minuman hingga kecantikan dari berbagai daerah di Indonesia. Perluasan akses pasar UMKM pada acara kali ini tidak hanya melalui jaringan offline di Sarinah, tetapi juga secara online melalui marketplace PaDi UMKM yang sekaligus mendorong akselerasi pencapaian target UMKM Go Digital.

BACA JUGA: Prabowo Beri Selamat Tim Jupiter TNI AU Tampil di Pameran Dirgantara Internasional Malaysia

Loto juga mengatakan UMKM telah menjadi salah satu penyokong perekonomian Indonesia dalam melewati berbagai fase perekonomian, negara harus selalu hadir dalam mendukung dan memberikan solusi komprehensif bagi perkembangan UMKM.

“Seru-Seruan Bazar Lokal ini merupakan salah satu upaya pemerintah yang diinisiasi Kementerian BUMN didukung oleh BUMN Penyelenggara dalam hal ini PGN dan KAI untuk membantu memperluas akses pasar UMKM, yang diharapkan kedepannya berorientasi ekspor dan berkontribusi kepada perolehan devisa bagi negara dan perkembangan perekonomian Indonesia,” jelasnya.

BACA JUGA: Publik Anggap Prabowo Figur Ideal Penerus Jokowi

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close