BeritaBisnisInternasionalNasionalOtomotif

Pasok Pesawat hingga Kereta Api, RI dan Laos Jalin Kerjasama

BIMATA.ID, JAKARTA – Indonesia tengah menjajaki kerja sama ekonomi dengan Laos, diantaranya untuk pengembangan transportasi pesawat hingga kereta api.

Penjajakan dengan Laos ini dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui pertemuan bilateral pada KTT ASEAN yang berlangsung di Labuan Bajo pada Selasa (9/5).

“Dengan Laos, kedua pemimpin membahas sebagian besar mengenai kerja sama ekonomi. Misalnya Bapak Presiden menyampaikan beberapa kerja sama BUMN Indonesia dengan Laos, antara lain kerja sama PLN dengan Électricité du Laos, kemudian pengadaan pesawat dari PT. DI untuk angkatan udara Laos, dan juga pengadaan kereta api dari PT. INKA untuk Petrotrade Laos Public Company,” ujar Retno dalam tayangan youtube Sekretariat Presiden, dikutip, Rabu (10/05/2023).

Baca juga: Cak Imin : PKB Siap Dukung Prabowo Sebagai Capres 2024

Selain dengan Laos, Jokowi juga melakukan pertemuan bilateral dengan tiga pemimpin negara lainnya, yakni dengan Vietnam, Timor – Leste, dan Malaysia.

Sekedar informasi, bersama Vietnam, Jokowi membahas mengenai upaya untuk memenuhi target perdagangan sebesar US$15 miliar atau setara Rp 225 triliun (asumsi kurs Rp 15 ribu per/dolar Amerika Serikat (AS) untuk 2028.

“Mengenai selesainya perundingan EEZ antara Indonesia dan Vietnam yang sudah ditandatangani, kedua pemimpin sepakat agar implementing arrangement dan proses ratifikasi dapat segera diselesaikan. Bapak Presiden juga menyampaikan agar MoU mengenai kelautan dan perikanan dapat diselesaikan segera,” kata Retno.

Lihat juga: Dukung Keberangkatan Timnas ke Qatar, Waketum PSSI: Prabowo Konsisten Bangun Sepak Bola Nasional

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close