Umum

PAN Pikir Kembali Buat Dukung Ganjar, Sebab Diusung PDIP

BIMATA.ID, JAKARTA – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (Wasekjen PAN), Fikri Yasin mengatakan pihaknya telah menjagokan Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) pada Pilpres 2024.

Namun, kini PAN tengah menghitung ulang dukungan atas Capres setelah Ganjar Pranowo itu dicalonkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Sejak Ganjar diumumkan PDIP sebagai capres, kita mengkaji ulang peta pertarungannya. Karena skenario yang dulu Ganjar tak dicalonkan PDIP, ternyata faktanya lain,” ucap Wasekjen PAN, Fikri Yasin kepada wartawan, Selasa (16/05/2023).

Baca juga: Purnawirawan Polri Terkesan Paparan Prabowo Soal Tantangan Dunia

Fikri mengatakan, saat ini PAN tengah mempertimbangkan Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Ketua Umum (Ketum) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto yang mencalonkan diri sebagai Presiden pada Pilpres 2024.

“Setelah itu, kita berhitung ulang siapa calonnya. Nah, posisi PAN saat ini sedang dan masih mempertimbangkan potensi antara Ganjar dan Prabowo,” ucapnya.

Mengenai hal itu, pihaknya akan mendukung Ganjar dengan dua kondisi. Pertama, orang nomor satu di Jateng itu tak dicalonkan PDIP. Kedua, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang diisi Partai Golongan Karya (Golkar), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tetap solid hingga pendaftaran Capres 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Lihat juga: Prabowo: Indonesia di Ambang ‘Take Off’ Menjadi Negara Maju

Diketahui, dalam acara puncak Musyawarah Rakyat (Musra) di Istora Senayan Jakarta kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan memberikan soal Capres pilihannya kepada para elite Partai Politik (Parpol).

Selain itu, Jokowi juga menerima tiga nama Capres hasil Musra, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, hingga Airlangga Hartarto.

Untuk diketahui, Jokowi menegaskan ia tak memiliki hak konstitusional untuk mengusung Capres. Akan tetapi, ia akan membisikan nama Capres ke Parpol.

Simak juga: Jokowi dan Prabowo Tanam Mangrove Serentak, Disambut Antusias Warga

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close