BeritaPerikananPeristiwaRegional

Nelayan Cilacap Siap Panen Ikan

BIMATA.ID, CILACAP – Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), Sarjono menyampaikan para nelayan akan segera memasuki musim panen ikan seiring dengan datangnya musim angin timuran.

“Alhamdulillah dalam beberapa hari ini sudah pergantian musim angin baratan ke musim angin timuran, harapan kami hasil tangkapan nelayan akan segera melimpah seperti tahun-tahun yang lalu,” kata Ketua HNSI Kabupaten Cilacap Sarjono di Cilacap, Rabu (10/05/2023).

Berdasarkan informasi yang diterima HNSI Cilacap, sudah banyak para nelayan mendapatkan hasil tangkapan berupa ikan karena beberapa jenis ikan yang mulai bermunculan di laut selatan Jawa.

Baca juga: Dukung Keberangkatan Timnas ke Qatar, Waketum PSSI: Prabowo Konsisten Bangun Sepak Bola Nasional

Menurutnya, nelayan-nelayan yang melautnya agak ke tengah laut saat sekarang sudah mulai mendapatkan cumi-cumi dan beberapa ikan lainnya.

Selain itu, khusus nelayan yang alat tangkapnya untuk menangkap layur. Namun, hingga saat ini belum mendapatkan hasil karena jenis ikan tersebut belum bermunculan.

Kemudian, berdasarkan pengalaman, puncak musim panen ikan bagi nelayan Cilacap berlangsung pada bulan Juli s/d September, dan saat ini sebagian besar nelayan mulai mempersiapkan alat tangkapnya.

Lihat juga: Pencak Silat Sumbang 9 Emas, Sugiono: Prestasi Atlet Melebihi Target Prabowo

“Semoga pada musim angin baratan dan musim kemarau tahun ini yang diperkirakan akan dipengaruhi fenomena El Nino, hasil tangkapan nelayan jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya yang dipengaruhi La Nina sehingga musim kemaraunya menjadi basah atau sering turun hujan,” katanya.

Dia mengakui gelombang tinggi tetap berpotensi terjadi pada musim angin timuran namun relatif lebih stabil jika dibandingkan dengan gelombang tinggi saat musim angin baratan yang sering datang secara tiba-tiba, sehingga berbahaya bagi kapal nelayan.

Oleh karena itu, ia mengimbau nelayan yang berangkat melaut untuk mencari ikan agar tetap memperhatikan risiko gelombang tinggi.

Simak juga: Cak Imin : PKB Siap Dukung Prabowo Sebagai Capres 2024

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close