BeritaRegional

Dalam Rangka Hari Buruh, Pemkot Tasik Bagikan Sembako Untuk Para Buruh

BIMATA.ID, Tasikmalaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, membagikan paket sembako untuk 650 anggota serikat pekerja dan serikat buruh dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional di Tasikmalaya, pada Senin (02/05/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan menyampaikan, bahwa pembagian sembako untuk anggota serikat pekerja dan serikat buruh itu bagian dari sinergitas dan kolaborasi pemerintah daerah dengan BUMN/BUMD yakni BJB, BPJS Ketenagakerjaan, dan BPJS Kesehatan dalam memberikan kebermanfaatan bagi buruh.

“Pembagian sembako untuk anggota serikat pekerja dan serikat buruh ini merupakan wujud dari sinergitas dan kolaborasi antara Pemerintah Kota Tasikmalaya dan BUMN/BUMD,” kata Ivan, dikutip dari antaranews, Selasa (02/05/2023).

Baca Juga : Momen Akrabnya ARB, Airlangga, dan Prabowo Satu Meja Santap Siang Bersama

Ia menuturkan tema yang diangkat pada peringatan Hari Buruh Internasional di Indonesia tahun 2023 yakni “Merajut Kebersamaan di Hari yang Fitri”.

Tujuan peringatan Hari Buruh ini, ucap dia, salah satunya untuk menegakkan hak-hak pekerja dan memberikan kesempatan menyuarakan aspirasi tentang hak-haknya.

“Itulah mengapa pada setiap kali peringatan Hari Buruh Internasional, para buruh diberikan kesempatan untuk menyuarakan aspirasi mereka,” ucapnya.

Dirinya berharap, Tripartit yakni pemerintah, pengusaha, dan pekerja dapat membangun sinergitas dan kolaborasi dalam meraih kesejahteraan pekerja dan membangun hubungan yang harmonis, sehingga bisa menyelesaikan persoalan, khususnya dalam mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran.

Ia juga meminta kepada kaum pekerja dapat terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menghadapi perkembangan zaman, karena pada era persaingan yang semakin ketat ini bukan hanya bersaing antar pekerja, namun juga bersaing dengan teknologi. “Tidak sedikit pekerjaan yang saat ini sudah mulai tergantikan oleh keberadaan mesin atau robot,” katanya.

Kegiatan peringatan Hari Buruh di Kota Tasikmalaya itu tidak hanya dihadiri unsur dari pemerintah daerah, tetapi juga ada dari perwakilan Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya, BPJS Ketenagakerjaan, perbankan, organisasi buruh, dan kepolisian.

Kegiatan tersebut dirayakan dengan doa bersama dan syukuran bersama pekerja atau buruh di Kantor Disnaker Kota Tasikmalaya, Jalan Siliwangi Kecamatan Tawang, Tasikmalaya.

Simak Juga : Prabowo, Aburizal Bakrie, Airlangga Hartarto Duduk Satu Meja, Silaturahmi Lebaran

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota AKBP SY Zainal Abidin yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, pertemuan ini dalam rangka silaturahim, sekaligus halal bihalal antara kaum buruh dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Tasikmalaya pada Hari Buruh Internasional.

Ia juga menyampaikan, bahwa kepolisian siap membantu melakukan pengamanan dan pengawalan terhadap kaum pekerja dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban umum.

“Terima kasih kepada rekan-rekan dari serikat buruh Kota Tasikmalaya yang telah mengapresiasi terhadap upaya dan tindakan Polres Tasikmalaya Kota dalam menjaga situasi kamtibmas,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close