BeritaPeristiwaRegional

BPD dan Kades, Diminta Prioritaskan Desa

BIMATA.ID, TEMANGGUNG – Bupati Temanggung, HM. Al Khadziq mengimbau Kepala Desa (Kades), dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai pihak yang paling berwenang mengenai perencanaan pembangunan di desa.

Sehingga, keduanya harus memiliki rasa tanggung jawab terkait tugas yang diberikan semata-mata guna mensejahterakan warga desa.

Hal tersebut disampaikan Bupati dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) pengembangan kegiatan kapasitas masyarakat desa Kecamatan Selopampang di Gedung Mangkupraja, Desa Gambasan, Kecamatan Selopampang, Temanggung, Sabtu (13/05/2023).

Baca juga: Hadiri Majelis Riyadlul Jannah, Prabowo: Islam di Indonesia Sejuk

“Kalau kepala desa dan BPD satu pandangan punya tanggung jawab yang sama, maka outputnya, semua perencanaan di desa pasti ditujukan untuk kesejahteraan masyarakatnya,” kata Bupati Temanggung, HM. Al Khadziq.

Sambungnya, tidak sedikit desa-desa di Kabupaten Temanggung yang terkadang tidak dapat menempatkan prioritas. Oleh karena itu, prioritas pembangunan yang betul-betul sangat dibutuhkan desa bukan yang diinginkan desa.

“Semoga dengan kehendak kita untuk maju bersama-sama, maka desa-desa di seluruh
Selopampang ini bisa bertambah sejahtera. Sekali lagi saya ingatkan, tujuan utama berdirinya pemerintah desa itu adalah untuk meningkatkan kesejahteraan umum, mencerdaskan bangsa, ikut melaksanakan ketertiban dunia. Persis seperti pembukaan Undang-Undang Dasar 1945,” ungkapnya.

Lihat juga: Di Hadapan Puluhan Ribu Jemaah, Prabowo Ungkap Keunggulan Ekonomi RI di Tengah Krisis Dunia

Maka dari itu, Bupati juga turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kades di Kecamatan Selopampang yang telah berinisiatif menyelenggarakan kegiatan bimtek, dengan melibatkan berbagai unsur lembaga, dan perangkat desa.

“Semoga dengan kapasitas yang terus meningkat itu, rasa tanggung jawab bisa dipikul bersama-sama, responsibilitas untuk meningkatkan peran pemerintahan desa dalam transformasi perubahan sosial yang ada di tengah masyarakat, semoga semakin meningkat,” pungkas Bupati.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close