BeritaEkonomiNasionalOtomotifPeristiwaUmum

Anies Baswedan Kritik Subsidi Mobil Listrik

BIMATA.ID, Jakarta- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko turut buka suara soal subsidi mobil listrik oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo yang dinilai tidak tepat sasaran. Adapun kritik itu disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta dan bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan di Stadion Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (7/5/2023).

Moeldoko menegaskan bahwa subsidi mobil listrik tetap berjalan. Pemerintah, kata dia, telah memiliki peta jalan (roadmap) yang jelas terkait perkembangan mobil listrik, sehingga muncul ketentuan subsidi mobil listrik.

BACA JUGA: Prabowo: Politik Rukun dan Stabil Jadi Kunci Lahirnya Kebijakan Pro Rakyat

“Jalan saja, itu kan program pemerintah telah menyiapkan instrumen pengembangan mobil listrik. Harus jalan,” kata Moeldoko saat ditemui di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Senin (15/5/2023). Ia pun kembali menyatakan, subsidi mobil listrik akan tetap terus berjalan. “Iya dong, tetap akan jalan terus,” tutur dia.

Sebelumnya, Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, menilai kebijakan subsidi terhadap kepemilikan kendaraan listrik kurang tepat buat menghadapi persoalan lingkungan hidup.

BACA JUGA: Purnawirawan Polri Terkesan Paparan Prabowo Soal Tantangan Dunia

Menurut Anies, emisi karbon mobil listrik per kapita per kilometer lebih tinggi dari emisi karbon bus berbahan bakar minyak.

“Kita menghadapi tantangan lingkungan hidup. Itu kenyataan bagi kita. Solusi menghadapi masalah lingkungan hidup, apalagi soal polusi udara, bukanlah terletak di dalam subsidi untuk mobil listrik yang pemilik-pemilik mobil listriknya adalah mereka yang tidak membutuhkan subsidi,” kata Anies, Minggu (07/05/2023).

BACA JUGA: Jokowi dan Prabowo Tanam Mangrove Serentak, Disambut Antusias Warga

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close