BeritaNasionalPeristiwaRegional

Pemprov Jateng Manfaatkan Pabrik Gula, Jadi Rest Area

BIMATA.ID, Brebes – Jelang mudik lebaran 2023, untuk para pengguna jalan tol yang melintas di Jawa Tengah (Jateng) akan merasakan hal yang berbeda. Sebab, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng menyediakan sejumlah rest area yang berbeda, yakni unik dan keren.

Salah satunya adalah Rest Area di ruas tol Pemalang – Pejagan ke arah Jakarta, atau berada di KM 260B Banjaratma, Kabupaten Brebes.

Disebutkan, dengan nuansa unik, dan ikonik karena Rest Area yang dikenal dengan sebutan “Rest Area Heritage” itu dimanfaatkan cagar budaya bangunan pabrik gula peninggalan Belanda.

Baca juga: Pengamat: Prabowo Capres Potensial, Jadi Magnet Koalisi Besar untuk Pilpres 2024

Sehingga, bangunan kuno yang terkesan angker tersebut, disulap menjadi tempat yang memiliki fasilitas lengkap, seperti toilet, masjid, tempat parkir.

Serta, tersedianya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbagai produk, mulai dari makanan, kerajinan, hingga lukisan. Selain itu, ada sentra batik yang diresmikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, beberapa waktu.

Direktur Utama PT PP Sinergi Banjaratma, Dina Yunanda menjelaskan, bahwa rest area KM 260B memang menjadi tempat idola bagi pengguna jalan tol. Karena bukan hanya untuk rehat, tapi juga berwisata.

Lihat juga: Zulhas Bersama Petinggi PAN Sambangi Kediaman Prabowo, Bahas Soal Koalisi KIB dan KKIR

“Di sini ada 175 UMKM dan fasilitas komplit. Pengunjung juga bisa berswafoto di lokasi yang unik, seperti tungku, roda gila, pohon beringin nempel dinding, dan lokomotif,” jelas Direktur Utama PT PP Sinergi Banjaratma, Dina Yunanda, pada Sabtu (08/04/2023).

Sekedar informasi, sejarah pabrik gula Banjaratma dibangun pada tahun 1908 oleh N.V. Cultuur Maatschappij yaitu sebuah perusahaan perkebunan yang berpusat di Amsterdam, Belanda.

Diketahui, setelah gulung tikar pada tahun 1997, kompleks pabrik gula yang berdiri di lahan seluas 10,5 hektar ini ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya di berbagai rest area Tol Trans Jawa.

Simak juga: PAPERA Pati Bagikan Takjil Minta Warga Doakan Prabowo

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close