BeritaRegional

Dinkes Garut Sasar 220 Ribu Balita untuk Mendapatkan Imunisasi Polio

BIMATA.ID, Garut – Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut, Jawa Barat, Leli Yuliani tengah menyiapkan tim kesehatan untuk mensukseskan imunisasi polio dengan sasaran sebanyak 220 ribuan balita atau usia di bawah lima tahun.

“Sasaran imunisasi balita 5 tahun kebawah, sekitar 220 ribuan, Pelaksanaan imunisasi polio bagi balita dimulai pada putaran pertama yakni 3 sampai 11 April 2023, dan putaran kedua dimulai 15 sampai 22 Mei 2023 yang ditargetkan semua anak mendapatkan imunisasi polio, katanya, Senin (03/04/2023).

Baca Juga : Prabowo Jadi Rebutan Swafoto, Netizen: Presiden Masa Depan

Pihaknya akan berupaya menyukseskan program imunisasi polio untuk memberikan perlindungan bagi anak-anak agar terhindar dari penyakit polio atau kelumpuhan.

“Kasus polio pada anak di Garut, Selama ini tidak ditemukan, meski begitu upaya pencegahan imunisasi polio tetap harus dilakukan agar anak-anak sehat dan kuat,” ucapnya.

Sementara Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Rochady HS Wibawa mengatakan, imunisasi harus dilaksanakan secara penuh atau dalam dua tahap agar tuntas.

Cek Juga : Prabowo Ungkap Isi Pertemuan Ketum Parpol Bareng Jokowi di Silaturahmi Ramadan PAN

Vaksinasi akan dilaksanakan di seluruh Puskesmas dan Posyandu serta tempat lain yang ditunjuk, antara lain sekolah taman kanak-kanak. Setelah sepekan dilaksanakan kegiatan itu, tim akan mencari balita yang belum terjangkau vaksinasi.

Rochady memaparkan vaksinasi polio berupa vaksin oral atau tetes sehingga tidak akan menimbulkan efek samping pada balita karena selama ini tidak ditemukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Namun vaksinasi itu tidak diberikan kepada anak yang sedang dalam kondisi daya tahan tubuh lemah atau sedang sakit.(oz)

Simak Juga : Di Hadapan Jokowi, Gus Miftah Tagih Janji Prabowo 8 Tahun Silam

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close