BeritaRegional

ASN Diingatkan Untuk Terapkan Pola Hidup Sederhana

BIMATA.ID, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mengingatkan para aparatur sipil negara (ASN) agar menerapkan pola hidup sederhana.

“Yang namanya pegawai negeri itu hidupnya sederhana. Kalau tidak mau hidup sederhana, ya harus memilih pekerjaan yang lain. Itu selalu saya sampaikan kepada pegawai, terutama kepada ASN-ASN yang baru diangkat menjadi CPNS,” kata Suhajar, dikutip dari antaranews, Kamis (06/04/2023).

Hal tersebut disampaikan saat dirinya membuka Workshop Peningkatan Kapasitas ASN di Lingkungan Kemendagri bertema “ASN Hidup Sederhana: No Flexing/Tidak Hedon” secara daring dari Jakarta, Rabu (05/04).

Baca Juga : Prabowo dan Hary Tanoe Bertemu di Kertanegara, Penjajakan Kerja Sama Politik

Suhajar menuturkan, dirinya mendorong para ASN untuk mengendalikan diri jika ingin membeli barang-barang mewah, apalagi jika hanya untuk dipamerkan.

Dirinya menambahkan, ASN harus mengetahui tempatnya berpijak, karena hidup bukan hanya soal uang, melainkan juga perihal kebahagiaan.

“Kehidupan kita ini adalah bagaimana mendapatkan kebahagiaan itu, yang mana kita yakini bahwa kebahagiaan hidup itu tidak selalu tergantung dengan uang. Uang yang ada pada kita ini kita kelola dengan baik,” tambahnya.

Lanjutnya, dia menyampaikan, menurut konsep cashflow quadrant yang dirumuskan oleh penulis sekaligus pengusaha dari Amerika Robert T. Kiyosaki, ASN masuk dalam kuadran I atau kuadran pekerja.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close