BeritaBisnisEkbisEkonomiNasionalPeristiwaUmum

Upaya Pemerintah Selamatkan Pedagang Thrifting

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah cari jalan keluar selamatkan pedagang thrifting dan pelaku UKM. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menegaskan bahwa pemerintah akan menyiapkan solusi terbaik untuk membantu pedagang pakaian bekas agar tetap bisa mencari nafkah.

Hal ini ditegaskan Mendag usai berdialog dengan para pedagang pakaian bekas di Pasar Senen, Jakarta kemarin.

“Kami akan diskusi lagi bagaimana dagangnya makin bagus. Jadi tidak usah khawatir, baju yang sudah terlanjur dijual bisa dijual sampai habis,” jelas Mendag.

BACA JUGA: Prabowo Subianto Apresisasi Prestasi Atlet di Bawah Naungan KOBI: Alhamdulillah Kemajuannya Pesat

Kemudian, dia pun terang-terangan memberikan kepastian kepada para pedagang baju bekas Pasar Senen, bahwa pemerintah mengizinkan mereka menjual barang thrifting yang terlanjur dijajalkan.

“Yang sekarang masih ada, bisa dijual sampai habis.” ujarnya.

Menurutnya, impor barang bekas sebenarnya diperbolehkan asal sesuai dengan yang diatur Undang-undang. Hanya saja, yang menjadi persoalan saat ini, banyak balpress berisi pakaian bekas yang masuk lewat pelabuhan tikus atau tidak resmi.

BACA JUGA: Hasil Survei Terbaru, Prabowo Unggul di Pulau Jawa

“Kami sudah diskusi, pemerintah diatur oleh undang-undang, begitu juga ekspor impor. Kita tidak boleh impor barang bekas, kecuali yang diatur. Apalagi barang ilegal, Itu yang diberantas aparat penegak hukum,” tegasnya.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, walaupun pemerintah masih mengizinkan para pedagang pakaian bekas impor untuk berjualan, namun ke depannya aktivitas perdagangan tersebut dan penyelundupannya harus segera diberhentikan demi melindungi pasar dalam negeri.

“Karena ini kebijakan pemerintah, ada Undang-undangnya terkait larangan impor barang-barang bekas ilegal, maka ke depan pakaian ilegal untuk pedagang dan penyelundupannya harus diberhentikan,” seru Teten.

BACA JUGA: Kinerja, Visi dan Loyalitas Prabowo Jadi Alasan Menang di Jatim dan Melesat di Jateng

Kendati demikian, agar para pedagang baju bekas di Pasar Senen tetap bisa melangsungkan usaha, KemenkopUKM akan menjalin kerja sama dengan pihak Pasar Jaya apabila membutuhkan konveksi. Sehingga dengan demikian, para pedagang tetap bisa berjualan di tempat yang sama namun produk yang dijual adalah produk lokal.

“Saya perlu mendukung pelaku usaha baju lokal. Pemerintah harus melindungi mereka. Kalau kalian mau usaha, kita siap bantu. Bahkan kita ada program dari DKI Jakarta. Kita kerjasama dengan Pasar Jaya. (Kalau pedagang) mau buka konveksi kita siapkan,” kata Teten.

BACA JUGA: Prabowo Kian Diterima Semua Pihak

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close