BeritaNasionalPeristiwaUmum

Sri Mulyani Bertemu Influencer Bahas Kasus RAT

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bertemu dengan sejumlah pegiat seni dan media sosial (influencer) di Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Jumat (17/03/2023) malam.

Pertemuan yang berlangsung dari pukul 19.30 WIB hingga 23.00 WIB itu, salah satunya membicarakan soal penanganan kasus mantan pejabat Ditjen Pajak Kemenkeu Rafael Alun Trisambodo (RAT).

BACA JUGA: Prabowo Subianto Apresisasi Prestasi Atlet di Bawah Naungan KOBI: Alhamdulillah Kemajuannya Pesat

“Yang hadir antara lain Rudi Valinka (@kurawa), Dee Lestari, Bintang Emon, Babe Cabita, Marcel Siahaan, Chandra Darusman, Felicia Tjiasaka, Richard Sam Bera, dr Tirta, Guntur Romli, Mazzini,” ujar Juru Bicara Kemenkeu Yustinus Prastowo seperti dikutip dari Detik, Sabtu (18/03/2023).

Yustinus menerangkan pertemuan bertujuan untuk mendapatkan masukan, pandangan hingga kritik dari publik. Pertemuan ini satu rangkaian dengan pertemuan dengan sejumlah tokoh antikorupsi sebelumnya.

“Semalam banyak masukan diberikan, terutama perbaikan pemungutan pajak, pentingnya sosialisasi yang baik, pelibatan masyarakat dalam edukasi, dan perlunya perubahan cara berkomunikasi dengan publik. Termasuk penanganan kasus RAT dan lain-lain yang diharapkan transparan,” ujar Yustinus.

BACA JUGA: Prabowo Kian Diterima Semua Pihak

Dalam kesempatan itu, sambung Yustinus, Sri Mulyani kembali menegaskan komitmen Kemenkeu untuk melakukan bersih-bersih dan perbaikan, baik dari sisi regulasi dan penegakan integritas.

“Kemenkeu mohon dukungan seluruh masyarakat agar dapat terus menjalankan tugas dan fungsi dengan baik,” ujarnya.

Sri Mulyani juga menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas masukan-masukan yang diberikan.

BACA JUGA: Survei SRS: 42 Persen Masyarakat Jatim dan Jateng Meyakini Prabowo Sebagai Penerus Jokowi

Selain itu, ia juga menyinggung soal kebijakan baru terkait penurunan tarif pemotongan pajak penghasilan (PPh) hingga relaksasi ketentuan ekspor impor dan kepabeanan terhadap barang pameran yang kerap dikeluhkan pelaku usaha.

“Kemenkeu akan terus melakukan silaturahim untuk mendengarkan masukan dari publik. Direncanakan akan mendengarkan aspirasi para pelaku usaha, bertemu pimred dll,” lanjutnya.

Rafael Alun Trisambodo sendiri merupakan mantan pejabat eselon III DJP Kemenkeu yang viral selama beberapa waktu terakhir.

BACA JUGA: Elektabilitas Prabowo Naik Berkat Efek Jokowi, Pengamat: Ini Adalah Kekuatan

Anak Rafael, Mario Dandy Satrio, menjadi tersangka kasus penganiayaan terhadap David, putra petinggi GP Ansor. Ia juga disorot lantaran kerap memamerkan gaya hidup mewah.

Di tengah kasus itu, terungkap harga kekayaan Rafael dalam LHKPN 2021 mencapai Rp56,1 miliar.

Dalam perjalanannya, Kemenkeu menemukan bahwa Rafael tidak sepenuhnya melaporkan harta kekayaannya hingga berujung rekomendasi pemecatan sebagai ASN.

BACA JUGA: Anak Buah Prabowo Minta Ketegasan Pemerintah Terkait Perda dan Perdes untuk Sekolah Sampah

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close