BeritaNasionalRegionalUmum

PUPR Pastikan Jalan Nasional Sepanjang 262km di DIY Siap Digunakan Sebelum Momen Mudik

BIMATA.ID, DIY – Direktur Pembangunan, Ditjen Bina Marga, Kementerian PUPR Satrio Sugeng Prayitno bersama dengan Komisi V DPR RI melakukan Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dalam Kunspik tersebut, Satrio menyebutkan, untuk persiapan mudik lebaran Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah-DI Yogyakarta tengah menangani empat paket pekerjaan di Provinsi DI Yogyakarta sepanjang 262 km termasuk dengan 112km Pansela yang telah ditangani.

“Jadi saat ini ada empat pekerjaan preservasi sedang berjalan inshaallah H-14 bisa selesai. Jadi kesiapan 262km siap untuk menyambut kegiatan jalur mudik termasuk 112km Pansela yang telah tertangani di D.I. Yogyakarta bisa menjadi alternatif” kata Satrio.

Baca Juga : Prabowo Subianto Apresisasi Prestasi Atlet di Bawah Naungan KOBI: Alhamdulillah Kemajuannya Pesat

Satrio juga menerangkan, bahwa dalam mendukung kelancaran arus lalu lintas pihaknya memastikan jalan bebas lubang menjelang arus mudik lebaran.

“Untuk penanggulangan lubang agar zero hole sudah kami laksanakan, saat ini teman-teman sudah bekerja semua dan H-14 harapannya sudah tidak ada lubang di seluruh jalan di D.I. Yogyakarta” ujarnya.

Cek Juga : Paparan Survey SRS: Inilah Alasan Prabowo Subianto Menang di Jatim dan Melesat di Jateng

Sementara, dirinya mengatakan, untuk memperlancar konektivitas lintas selatan dan mempermudah akses wisata ke kawasan pantai, BBPJN Jawa Tengah-DIY telah membuka secara fungsional Jembatan Kretek 2 pada 31 Januari 2023 lalu sehingga dapat menjadi alternatif bagi pemudik menuju jalur lintas selatan jawa.

Diketahui, saat ini pemerintah terus berupaya meningkatkan kesiapan infrastruktur jalan nasional di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DI Yogyakarta) guna menyambut momentum Mudik dan Arus Mudik Lebaran 2023 dengan melakukan rekonstruksi.

Simak Juga : Kinerja, Visi dan Loyalitas Prabowo Jadi Alasan Menang di Jatim dan Melesat di Jateng

Rekonstruksi jalan tersebut, meliputi Jalan Bts. Wates – Milir – Sentolo (MYC 2022-2023), Rehabilitasi dan Pelebaran Jalan Karangnongko – Yogyakarta – Prambanan (MYC 2022 – 2023), Preservasi Jalan Yogyakarta – Wonosari – Duwet (SY), dan Preservasi Jalan Yogyakarta – Tempel – Pakem – Prambanan – Yogyakarta (SY).

Dalam Kegiatan ini selain jajaran Komisi V DPR RI dan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, juga turut dihadiri Kepala Bidang Preservasi II BBPJN Jawa Tengah-DI Yogyakarta Wahyu Supriyo Winurseto, Anggota BPJT unsur Akademisi Eka Pria Anas, Direktur Utama PT Jogasolo Marga Makmur, dan Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen Dwi Winarsa.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close