BeritaOtomotifTravelUmum

Polri Siapkan Program Mudik Gratis 2023

BIMATA.ID JAKARTA Polri akan kembali menyelenggarakan program mudik gratis bagi masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan program mudik gratis tersebut tengah dibahas secara menyeluruh. Termasuk terkait dengan kesiapan armada bus.

“Sedang kita diskusikan kesiapan jumlah kendaraan yang siap,” ujar Kapolri Sigit dalam keterangannya, Selasa (28/3/2023).

Selain itu, Kapolri juga telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Korlantas Polri untuk menyiapkan strategi pengamanan terkait pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 2023.

Berdasarkan pernyataan dari Kemenhub, lanjut Sigit, jumlah pemudik pada 2023 akan lebih besar dibanding pada 2022. Tahun ini, diperkirakan sebanyak 123 juta masyarakat akan melakukan mudik.

“Jadi kita bisa bayangkan bagaimana kalau rekayasa lalu lintas yang kita persiapkan ke depan tidak kita laksanakan secara maksimal. Pengalaman kemarin, mudik di 2022 yang tadinya kita perkirakan bahwa akan terjadi kemacetan luar biasa, alhamdulillah bisa kita atasi,” tuturnya.

Untuk memastikan mudik tahun ini berjalan aman, nyaman dan lancar, Sigit menambahkan jajaran Polri telah melakukan koordinasi lebih awal dengan stakeholder terkait dan melakukan peninjauan beberapa jalur utama yang digunakan saat mudik.

 

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close