BeritaNasionalOtomotifTravelUmum

Polri Imbau Warga Tak Mudik Naik Motor, Ini Penjelasannya

BIMATA.ID JAKARTA Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan memprediksi puncak arus balik Lebaran 2023 terjadi mulai tanggal 18 hingga 21 April atau H-1 Idul Fitri.

Untuk itu Korlantas Polri mengimbau kepada masyarakat yang berencana mudik Lebaran untuk tidak menggunakan kendaraan sepeda motor.

“Kita sangat imbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik tidak menggunakan sepeda motor,” jelas Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan kepada wartawan, Selasa (28/3/2023).

Aan menyebutkan bahwa sepeda motor menjadi moda transportasi yang banyak terlibat dalam catatan kecelakaan lalu lintas dengan angka 78 persen dari 100 persen.

“Data kita menjelaskan bahwa dari 100 persen, 78 persen kecelakaan lalu lintas yang terjadi ini melibatkan sepeda motor ya,” ungkapnya.

Aan menambahkan, himbauan kepada masyarakat untuk mengikuti program mudik yang diberikan pemerintah. Bagi masyarakat yang menggunakan sepeda motor dapat menaikkan ke truk yang sudah disiapkan, sementara pemudik bisa menggunakan moda transportasi umum.

“Pemerintah sudah siapkan mudik sepeda motor. Artinya sepeda motornya naik truk, pemudiknya menggunakan bis, itu lebih aman di jalan,” tutup Aan.

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close