BeritaKesehatanRegional

Pemkot Cimahi Harapkan Advokasi dan BBPOM Bantu Antisipasi Stunting di Cimahi

BIMATA.ID, Cimahi –  Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mengharapkan advokasi program prioritas nasional keamanan pangan dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Bandung (BBPOM Bandung) bisa membantu antisipasi gizi buruk (stunting) di Cimahi.

“Ketika membicarakan soal keamanan pangan tentu ini akan memiliki ketersinggungan dengan program yang lain, yakni dengan penanganan stunting, saya harap kegiatan advokasi ini menjadi salah satu katalisator penanggulangannya,” kata Dikdik, dikutip dari antaranews, Rabu (29/03/2023).

Dia mengucapkan, setelah advokasi ini, ada langkah yang dilakukan untuk memastikan gizi bagi kelompok masyarakat pada 1.000 hari kehidupan pertamanya terjaga demi mengantisipasi stunting.

“Ini menjadi hal yang harus kita pastikan dalam upaya kita menanggulangi stunting ini seperti Program pemerintah untuk menurunkan angka stunting di Jawa Barat,” ucapnya.

Baca Juga : Prabowo Doakan Ustaz Das’ad Latif Lekas Sembuh

Lebih lanjut, Dikdik menuturkan bahwa keamanan pangan menjadi hal yang bersifat sangat mendasar, karena menurut dirinya, makanan adalah sebagai sumber utama makanan, sebagaimana manusia bertumbuh. 

“Karenanya penting untuk kita diskusikan bagaimana meyakinkan masyarakat Cimahi untuk mengkonsumsi makanan yang berkualitas dalam arti berkaitan dengan kandungan kimiawinya yakni bebas dari cemaran yang bersifat merugikan kesehatan masyarakat kita,” tuturnya.

Dikdik meminta pejabat Pemkot Cimahi yang hadir dalam giat advokasi dengan BBPOM Bandung ini, bisa menyebarkan apa yang didapat kepada rekan-rekan kerjanya, dan umumnya pada masyarakat seluas-luasnya. 

Terutama, terkait hal yang berkaitan dengan program nasional BBPOM Bandung yang berkaitan dengan menciptakan keamanan pangan desa, yang kedua keamanan Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS aman), dan yang ketiga pangan aman berbasis komunitas.

“Jadi saya minta masing-masing memahami apa yang dibahas sehingga dapat mengaplikasikan ketiga program nasional itu,” pungkasnya.

Simak Juga : Prabowo Kian Diterima Semua Pihak

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close