BeritaKesehatanNasionalPendidikanUmum

Pemerintah Sediakan 2.500 Beasiswa Dokter Spesialis Tahun Ini

BIMATA.ID, Jakarta- Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan pemerintah telah menargetkan pemberian beasiswa dokter spesialis bagi 2.500 dokter umum pada tahun 2023.

“Tahun ini kita akan berikan 2.500 dokter-dokter umum dari daerah untuk sekolah spesialis gratis, asalkan dia mau kembali ke daerah,” kata Wamenkes Dante Saksono Harbuwono dalam acara “Forum Industri tentang RUU Kesehatan” di Jakarta, Jumat (17/03/2023).

BACA JUGA: Prabowo Tetap Tempati Elektabilitas Tertinggi Capres 2024

Stimulus beasiswa ini merupakan salah satu upaya untuk penguatan tenaga kesehatan yang saat ini masih kurang dan tidak merata di Indonesia.

Dikatakannya, harus dilakukan transformasi SDM kesehatan untuk memenuhi rasio ideal satu dokter per 1.000 orang.

Fakta di Indonesia saat ini jumlah dokter sebanyak 101.476 orang melayani 273.984.400 orang. Artinya, satu dokter melayani sekitar 2.700 orang.

BACA JUGA: Prabowo Subianto Sebut Presiden Jokowi Bertekad Miliki Pertahanan yang Kuat

Pada 2022, kata Wamenkes Dante Saksono Harbuwono, pemerintah telah memberikan 600 beasiswa afirmasi dokter di daerah-daerah.

“Model-model seperti ini yang terus kita upayakan dan kita kerjakan, rekrutmen melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan,” kata Wamenkes.

Pihaknya menambahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan juga mengatur tentang beasiswa spesialis dan subspesialis.

BACA JUGA: Emak-emak Pedagang Pasar Rakyat Tabalong Peluk Hangat Prabowo: Itu Idola Saya

“Nanti di dalam Undang-undang, justru waktu sekolah spesialis itu tidak mengeluarkan biaya. Dokter residen justru dibayar. Pembiayaannya dari mana? Sedang diatur dalam RUU,”pungkas Wamenkes.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close