BeritaKesehatanNasionalPeristiwaUmum

Pemerintah Pastikan Ramadan Tahun ini Tak Ada PPKM

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah memastikan tak ada lagi pembatasan kegiatan bagi umat Islam ketika menjalani ibadah bulan Ramadan 1444 H tahun ini.

Diketahui, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Pandemi Covid-19 juga sudah dicabut sejak beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Prabowo: Pupuk BIOS 44 DC Buatan Kodam III Siliwangi Dapat Menjawab Keluhan Petani

“Tidak ada batasan saya kira, tapi (tetap) hati-hati,” kata Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam keterangan diterbitkan Setwapres, Kamis (16/03/2023).

Meski begitu, Ma’ruf meminta masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dengan gunakan masker bila merasa kurang sehat. Baginya, langkah ini tetap diperlukan agar ibadah yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan khusyuk.

“Tapi memang yang harus memakai masker itu yang sakit sehingga tidak menular,” imbuh Ma’ruf.

BACA JUGA: Menhan Prabowo: Inovasi Komando Teritorial di Kodam III Siliwangi Pecahkan Kesulitan Rakyat

Ia menyadari penerapan penggunaan masker ini sepenuhnya kembali ke kesadaran masing-masing individu untuk saling menjaga. Untuk itu, ia mengimbau kesadaran penggunaan masker dapat diinisiasi oleh setiap individu sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada sesama.

“Tapi dikhawatirkan masih belum patuh, nah lebih baik kita menjaga diri saja bersiap-siap,” imbau Ma’ruf.

“Jadi sekarang dibalik ya, tetapi karena takutnya yang flu pakai masker, yang sehat akhirnya yang terpaksa pakai masker juga,” tambah dia.

BACA JUGA: Survei PWS: Duet Prabowo-Ganjar Paling Banyak Dipilih

Presiden Joko Widodo sebelumnya telah mencabut aturan PPKM pada akhir Desember 2022 lalu. Artinya, Tahun 2023 menjadi tahun pertama umat Muslim di Indonesia akan menjalankan ibadah puasa setelah dicabutnya PPKM.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close