PeristiwaPertanianRegional

Naiknya Harga Pakan, Dinas Pertanian dan Peternakan Jateng Beri Bantuan 10 Ton Pakan Jagung untuk Para Peternak

BIMATA.ID, Karanganyar – Koperasi Pinsar Petelur Nasional (PPN) Kota Surakarta telah menyerahkan 10 ton pakan jagung untuk para peternak ayam di Karanganyar.

Disebutkan, penyaluran bantuan pakan jagung tersebut, dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Jateng Agus Warianto, dan didampingi oleh Ketua Koperasi PPN Surakarta Joko Surono, Kabid Dispertan PP Heri Sulistyo. Serta, jajaran pengurus Koperasi PPN Surakarta kepada perwakilan peternak di halaman kantor Bupati Karanganyar, pada Kamis (16/03/2023).

Ketua Koperasi PPN Surakarta, Joko Surono menyampaikan, bantuan ini diberikan kepada para peternak di Karanganyar dalam bentuk program dari Bappenas, dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) dalam bentuk berupa subsidi transportasi yang didistribusikan melalui Koperasi PPN Surakarta.

Baca juga: Prabowo Subianto Sebut Presiden Jokowi Bertekad Miliki Pertahanan yang Kuat

“Bantuan ini merupakan salah satu bentuk keprihatinan kami atas kesulitan peternak ayam untuk mendapatkan harga pakan yang wajar. Bantuan ini kita berikan kepada peternak skala kecil yang ada di Karanganyar,” ungkap Ketua Koperasi PPN Surakarta, Joko Surono, Kamis (16/03/2023).

Sambungnya, bantuan ini merupakan tahap awal, karena secara keseluruhan ada sebanyak 100 Ton pakan ternak yang dibuat dari jagung ini akan disalurkan untuk para peternak.

“Tahap awal baru kita salurkan sebanyak 10 ton. Bantuan akan kita lakukan secara bertahap,” jelasnya.

Lihat juga: Prabowo Pimpin Langsung Demonstrasi Kopasgat TNI AU di Bandung

Kemudian ditempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Jateng Agus Warianto menuturkan, bantuan pakan ini merupakan program Pemerintah Provinsi Jateng, yang diinstruksikan sesuai dari arahan dari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Lanjutnya, di tengah situasi cuaca yang tidak menentu, serta menjelang bulan puasa dan hari raya Idul Fitri, buat para peternak dengan skala kecil dengan mempunyai ternak kurang dari 10 ribu ekor, perlu mendapat bantuan.

“Saat ini kondisi harga pakan juga mengalami kenaikan. Dengan bantuan ini, diharapkan dapat membantu meringankan beban para peternak kecil,” katanya.

Simak juga: Prabowo: Pupuk BIOS 44 DC Buatan Kodam III Siliwangi Dapat Menjawab Keluhan Petani

Maka dari itu, program bantuan pakan ternak ini juga harus mendapat support dari perusahaan melalui Corporate Social Responsibility (CSR).

“Dibutuhkan dukungan semua pihak, sehingga dapat meringankan beban para peternak kecil,”pungkasnya.

Selengkapnya: Survei PWS : Prabowo Ganjar difavoritkan Berpaket

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close