BeritaPeristiwaRegionalTravelUmum

Mudik Gratis Bersama Pemprov DKI Jakarta Targetkan Bakal Angkut 19.820 Pemudik

BIMATA.ID, Jakarta- Jelang Ramadhan dan Lebaran 2023, sejumlah instansi pemerintah telah menyiapkan program mudik gratis angkutan Lebaran 2023. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga menyiapkan armada mudik gratis dengan tujuan ke 19 kota di enam provinsi.

Informasi tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo. Pemprov DKI Jakarta disebut menyiapkan puluhan ribu kuota mudik gratis angkutan Lebaran 2023.

“(Mudik gratis) ada dengan kuota kursi pemudik banyak,” ucap Syafrin Liputo.

BACA JUGA: Menhan Prabowo: Inovasi Komando Teritorial di Kodam III Siliwangi Pecahkan Kesulitan Rakyat

Adapun jumlah target penumpang yang akan diangkut dalam mudik gratis angkutan Lebaran 2023 sebanyak 19.820 penumpang. Dalam program tersebut Pemprov DKI Jakarta akan mengerahan 482 bus dua arah untuk mudik dan balik.

Tahun ini Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan kuota untuk mengangkut kendaraan roda dua. Kendaran warga tersebut nantinya akan diangkut menggunakan ratusan truk.

“690 unit motor dengan diangkut 23 truk. Truk itu untuk yang penumpang yang akan mudik dan bawa motor,” ucap Syafrin.

BACA JUGA: Prabowo Subianto Sebut Presiden Jokowi Bertekad Miliki Pertahanan yang Kuat

Program ini akan segera disosialisasikan dengan masyarakat pada Rabu, 15 Maret 2023. Nantinya, titik mudik atau keberangkatannya melalui kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Pemudik akan diberangkatkan dari Jakarta menuju kota masing-masing pada 17 April 2023. Untuk truk pengangkut kendaraan diberangkatkan sehari sebelumnya yakni 16 April 2023 dari Terminal Pulogadung, Jakarta Timur.

“Rencana keberangkatan arus balik 27 April untuk truk dan 28 April untuk bus. Tentu dari terminal tipe A masing-masing kota. Tujuan ke Terminal Pulo Gebang, sementara untuk truk tujuannya di Terminal Pulogadung,” kata Syafrin.

BACA JUGA: Berikan Kontribusi Nyata untuk Perkembangan TNI AU, Prabowo Diangkat Sebagai Warga Kehormatan Kopasgat

BUMN memiliki program mudik gratis yang akan disosialisasikan pada Rabu, 15 Maret 2023 ini. Menteri BUMN menyebut program ini demi mengurangi tingkat kecelakaan dan memenuhi standar keselamatan transportasi.

Sebanyak 24 BUMN akan terlibat dalam program mudik gratis ini. Titik pemberangkatannya pun bermacam-macam mulai dari stasiun, terminal hingga pelabuhan.

Kuota mudik gratis dari BUMN ini sebanyak 65.603 melalui bus, kereta api, dan kapal laut. Erick menyebut program mudik gratis ini akan dipimpin oleh PT. Jasa Raharja.

BACA JUGA: Survei PWS: Duet Prabowo-Ganjar Paling Banyak Dipilih

Titik keberangkatan dengan armada bus dari Jakarta akan berangkat pada 18 April 2023 dari Ring Road Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Untuk moda transportasi kereta api, pemudik akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen pada 15 dan 16 April 2023.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close